PENGOPTIMALAN STRATEGI MEMBACA PQRST DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA LITERASI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SILIWANGI
Keywords:
Keterampilan Membaca, Metode PQRSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan strategi membaca PQRST sebagai implementasi budaya literasi pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan penelitian mahasiswa semester awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi membaca PQRST secara sistematis dapat meningkatkan pemahaman bacaan, kecakapan berbahasa, dan minat literasi mahasiswa. Implikasi temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran literasi di tingkat pendidikan tinggi.
References
Muhibbah, L. (2023). Efektivitas Metode PQRST untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 93-114.
Sinulingga, J. (2010). Implementasi Metode PQRST dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca (Reading) Mahasiswa. Jurnal Bahas, 19(02).
Rayantie, R., Hartati, T., & Rengganis, I. (2019). Penerapan strategi PQRST untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 289-297.
Hotimah, H., Sunarmo, S., & Susilawati, S. (2021). Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Melalui Teknik PQRST (Preview, Question, Read, Self-Recite, And Test). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 107-111).
Hidayah, N., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2014). Penerapan Metode Pqrst Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. BASASTRA, 2(3).
Baiq Yuni Wahyuningsih, dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Mahasiswa melalui Pendekatan Metode SQ3R dan PQRST. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (1).
Burns, Roe, Ross. (1984). Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Boston: Houghton Mifflin Company.
Loew, Helene Z. (1984). Developing Strategic Reading Skill, Foreign Language Annals. New York
Sirait, Bistok. (1984). Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PPLTK.
Trisdiono, Harli. PQRST: Metode Membaca Efektif, BPMP D.I. Yogyakarta.
Widyamartaya, A. (1992). Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85-96.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211.
Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446-453.
Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083-1091.