PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R PADA TEKS EKSPLANASI TERHADAP SISWA SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA
Keywords:
SQ3R, Teks Eksplanasi, MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode SQ3R dan teks bacaan yang digunakan adalah teks eksplanasi. Langkah-langkah dalam metode SQ3R yaitu; (1) Survey (2) Question (3) Read (4) Recite dan (5) Review. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu siswa SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa mengenai teks eksplanasi. Karena dengan penggunaan metode SQ3R ini pembelajaran keterampilan membaca lebih produktif dikarenakan metode pembelajaran SQ3R yang sistematis sehingga banyak siswa yang ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran keterampilan membaca SQ3R ini.
References
Abidin, Z. (2017). Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA~ 6 melalui Metode SQ3R SMA Negeri 1 Bontonompo, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 55-63.
Afidah, N. N., & Rodiah, S. (2022). Keterampilan Membaca Teks Eksplanasi di Artikel Ilmiah Berbasis Jurnal Online Siswa SMK Negeri 2 Haurwangi. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(6), 765-774.
Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Istiqamah, and Sri Normuliati. (2019). Pelatihan Metode Membaca SQ3R Untuk Siswa Madrasah Tsanawiah Raudhatusyubban. PengabdianMU : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 4(1): 24–29.
Maesaroh, Siti. (2021). “SQ3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi.” Indonesian Journal of Education and Learning 4(2): 469.
Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31-37.
Putri, Yudha Eka, Siti Halidjah, dan Tahmid Sabri. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar.
Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu 4(3): 662–72.
Rufaidah, Ida. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X SMK Yaperjasa. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia 10(1): 34.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, L., Taufiq, M., & Maritasari, D. B. (2023). Penggunaan Metode Sq3r Berbasis Cerita Rakyat pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 1 Tebaban. Advanced In Social Humanities Research, 1(8), 103-111.
Wijayanti, A., Lestari, W. F., Zahroini, A. L., Puspitasari, A. S. D., Pradana, A. S. N., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 202-212.