PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TASK BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MAHASISWA FBS UNM

Authors

  • Alamsyah Alam Universitas Negeri Makassar
  • Syarifah Fatimah Universitas Negeri Makassar
  • Muftihaturrahmah Burhamzah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Learning methods, speaking skills, Task Based Learning.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode Task-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam berbicara bahasa Jerman dengan menerapkan task-based learning, dan (2) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa dalam perkuliahan “Sprechfertigkeit” bahasa Jerman dengan diterapkannya task-based learning. Penelitian ini merupakan pengkajian empirik yang dapat digolongkan ke jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu dosen dan mahasiswa semester 4 kelas B 26 orang. Berdasarkan skor hasil tes mahasiswa, terlihat adanya suatu peningkatan yang bagus dari fase identifikasi masalah sampai pada siklus 2. Fase identifikasi masalah, nilai rerata mahasiswa secara klasikal adalah 4,6 yang berada pada kategori kurang. Dari nilai ini, hanya 6 (24%) orang yang mendapatkan skor lebih besar daripada atau sama dengan 6, sedangkan sisanya (78%) mendapatkan skor kurang dari pada 5. Siklus 1 rerata keterampilan berbicara mahasiswa adalah 6,93; dari nilai tersebut diketahui bahwa ke-26 mahasiswa (100%) mahasiswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6. Siklus 2 skor rerata keterampilan berbicara mahasiswa meningkat menjadi adalah 7,54. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa 100% siswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6. Keberhasilan program pembelajaran berkait langsung dengan model pembelajaran yang diterapkan. Suatu model pembelajaran umumnya di samping didesain memiliki tujuan jangka pendek juga memiliki tujuan jangka panjang, yang akan berpengaruh terhadap perkembangan seseorang. Proses belajar-mengajar yang mengimplementasikan desain task-based learning, pengajar memberikan berbagai macam tugas yang berupa aktivitas-aktivitas belajar berkomunikasi dalam bahasa target yang lebih memfokuskan arti dan nilai daripada aturan bahasa. Tugas-tugas tersebut menekankan pada pencapaian tujuan pembelajaran, yaitu tujuan komunikatif. Beragamnya model pembelajaran ditentukan oleh beragamnya tujuan (hasil belajar) yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini membahas pentingnya task-based learning dalam pembelajaran bahasa Jerman.

References

A. Zakime, (2018). “What is Task Based Learning?”. Available at: https://www.whatiselt.com, acssesed 29 Mei 2021.

Akhadiah, Sabarti. 1988. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta.

Alibakhshi dan Padiz. 2011. “The Effect of Teaching Strategic Competence on Speaking Performance of ELS Learners”. Journal of Langguage Teaching and Research. Vol. 2 (4) pp. 941-947.

Arends, Richard I. 2010. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumfield, Vivienne, dkk. 2011. Action Research in the Classroom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Attle, S., & Baker, B. 2007. Cooperative learning a Comparative environment: Classroom applications. International Journal and Learning in Higher Education. Vol. 19 No. 1, pp.77-83.

Bygate, Martin. 2000. Speaking. Oxford: Oxford University Press.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2017. Cooperative, Synectics, and CTL Learning. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2017. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1), 44-51.

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2018. The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Jerman. Jakarta. Depdiknas.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Green, Robyn dan Boyle, Michael. 2010. “Teacher reflections on Cooperative Learning: Issues of Implementation”. Teaching and Teacher Education. Vol. 26 pp. 933-940.

Hardiono. 1988. Psikologi Belajar Mengajar Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hardjono, Sartinah. 1988. Prinsip-pinsip Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Harmer, J. 1997. The practice of english lan- guage teaching. New York: Addison Wesley Longman Limited.

Haryadi. 1997. Berbicara suatu Pengajaran. Yogyakarta: Institut Keguruan dan Pendidikan.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hughes, Arthur. 2003. Testing for Language Teacher. Second Edition. Cambridge University Press.

Iskandarwassid, Sunendar. 2002. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

J. Willis. A Framework for Task-Based Learning. Edinburgh: Longman. 2004.

Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi III. (2002). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maidar G. Arsjad dan Mukti US. 1988. Pembinaan Kemampuan Bicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Murdibjono. 2005. Increasing Students’ Language Skills Using Audiovisual Learning Media, The English Circle, 106: 123-152.

N P Somawati, et al., “Task-based language teaching: how it is implemented effectively?” IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 953 (2018) 012075. 2018.

Nunan, David. 1989. Defigning Task for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Nurdiyanto, A. (2015). Penerapan Task-Based Learning (TBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Penentuan Indikator Alam (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: UNY.

Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: Press IKIP Semarang.

P. B. Adnyana. “Pengaruh Pemberian Tugas Membuat Makalah dan Resume Artikel Jurnal Ilmiah Terhadap Literasi Informasi dan Efektivitas Perkuliahan”. Seminar Pendidikan IPA di Program Pasca Sarjana Undiksha. Laporan Penelitian. LPPM Undiksha. 2017.

Parera, Jos Daniel. 1993. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa.

Reimann, Monika dan Dinsel, Sabine. 1998. Fit für Zertifikat Deutsch Tipps und Übungen. Germany: Max Hueber Verlag.

Shumin, K. 2002. Factors to consider: De- veloping adult EFL students’ speaking abilities. In Richards, Jack C. and Renandya, Willy A. (Eds). Methodology in languaget teaching. (204-211). Cambridge: Cambridge University Press.

Tarmansyah. 1996. Gangguan Komunikasi, Proyek Pendidikan Tenaga Guru. Jakarta: Depdikbud.

Thuy, Le Thi Bich. 2005. “An Action Research on the Application of cooperative Learning to Teaching Speaking”. TESOL. Journal, Vol 1, pp. 332-349.

Thuy, Nguyen Thi Thu. 2012. Effectiveness of Jigsaw, Think Pair Share and Numbered Head Together on Student Oral Participation in Speaking Lessons. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol 3. Iss 3. Pp. 120-132.

Tirtarahardja, Umar, S. L. La Sulo (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Zhou, Q., Huang, H. Tian. “Developing Students’ Critical Thinking Skills by Task-Based Learning in Chemistry Experiment Teaching”. Creative Education, 4, (12A), 40-45. 2013.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Alam, A., Syarifah Fatimah, & Muftihaturrahmah Burhamzah. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TASK BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN MAHASISWA FBS UNM. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 119–130. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/17

Issue

Section

ARTICLES