PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTORIAL CONCEPT CARD (PICOCA) BERBASIS DARING TERHADAP KARAKTER DARI HASIL BELAJAR IPA DI TENGAHPANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SD INPRES ANTANG II KOTA MAKASSAR

Authors

  • Sopiatun Nisah Universitas Islam Makassar

Keywords:

Media Pembelajaran Pictorial Concept Card (PICOCA), Karakter, Hasil Belajar IPA, Di Tengah Pandemik Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yakni: gambaran proses, dan hasil pengaruh penggunaan media pembelajaran Pictorial Concept Card (PICOCA) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas III SD Inpres Antang 2 Kota Makassar. Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Inpres Antang 2 Makassar. Sampel penelitian pada kelas eksperimen dan kontrol berjumlah sebanyak 52 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 5 nomor bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan lembar observasi bertujuan untuk mengamati aktivitas peserta didik di dalam kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunujukkan  data tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi tidak normal, sedangkan nilai postest sebesar 0, 196, Hal tersebut berarti signifikan pvalue > 0,05 maka distribusinya adalah normal, sehingga disimpulkan bahwa data tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hal tersebut berarti signifikan p > 0,05 berarti H1 diterima

References

Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakteristik Untuk SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK . Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi pembelajaran.Bandug: Remaja Rosdakarya.

Djemari, Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Kadir, Abdul, dkk. 2008. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mustami, Khalifah. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Safitri, I., dkk. Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, Jurnal Biotek, Volume 6 Nomor 1 Juni 2018 (diakses 28 September 2018)

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Edisi Revisi. Cetakan XI. Bandung: Alfabeta.

Silvia, Pribadi, dan Dewi, Permainan PICOCA Sebagai Media Pembelajaran Materi Organisasi Kehidupan di SMP, Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.1 No.3, Desember 2012.

Syamsudduha, St dan Muh.Rapi, Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol.15 No.1, Juni 2012.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Nisah, S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTORIAL CONCEPT CARD (PICOCA) BERBASIS DARING TERHADAP KARAKTER DARI HASIL BELAJAR IPA DI TENGAHPANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SD INPRES ANTANG II KOTA MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1284–1293. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/181