PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 34 MAKASSAR
Keywords:
Keterampilan menulis teks berita, Model group investigationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks berita melalui model group investigation pada siswa kelas VIII SMPN 34 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes keterampilan menulis teks berita, dan teknik nontes diantaranya observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 34 Makassar yang berjumlah 27 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran group investigation pada siswa kelas VIII SMPN 34 Makassar. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis teks berita siswa dari siklus I yakni 58,44% kemudian meningkat pada siklus II yakni menjadi 75,14%. Aktivitas atau sikap siswa pada saat pembelajaran juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yang diamati yaitu, kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I sebesar 66,66% meningkat pada siklus II menjadi 88,88%, siswa memperhatikan penjelasan guru sebesar 70,37% meningkat pada siklus II menjadi 85,18%, siswa aktif bertanya sebesar 25,92% meningkat pada siklus II menjadi 44,44%, siswa tidak gaduh saat pembelajaran sebesar 59,25% meningkat pada siklus II menjadi 77,77% dan siswa tenang saat mengerjakan tugas sebesar 77,77% meningkat pada siklus II menjadi 92,59%.
References
Andi Wahyuningsi Wahab, Supriadi, S., & Jumriati, J. (2023). Model Penerapan Student Team Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajara, Bahasa, Dan Sastra , 1 (1), 11–20.
Arief S, H., & Supriadi, S. (2022). PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA DI SMK. KLASIKAL : JURNAL PENDIDIKAN, PENGAJARAN BAHASA DAN ILMU PENGETAHUAN , 4 (3), 543–555.
Arifin, Afandi. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) dan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK di Kota Kediri. Nusantara Of Reserach, (2) 1.
Fatmawati. (2022). Penggunaan Metode Discover Learning Berbantuan Media Audiovisual dalam Keterlibatan Menulis Teks Berita. PROSIDING Senada PBSI (Seminar Nasional Daring), (2) 1.
Hasmar, H., Tumpu, AB, & Erniati, E. (2023). Penerapan Teknik What, Why, Where, Who, Hhen+How (5W+1H) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan . ISOLEK: Jurnal Pendidikan, Pengajara, Bahasa, Dan Sastra , 1 (1), 21–28.
Ilham, Wijiati. (2020). Keterampilan Berbicara : Pengantar Keterampilan Berbahasa. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institute. h.2
Jumriati, J. (2022). Efektivitas Metode Problem Based Learing dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 11-20.
Munuwarah, Zulkiflih. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab. Vol, 1. No, 2.h.23.
Nurhaedah, N., Supriadi, S., & Satriani. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI KABUPATEN GOWA. AIJER: Jurnal Penelitian Pendidikan Internasional Algazali , 3 (1), 65–74.
Putri. (2019). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (8) 3.
Rahman, BP dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam, (2) 1.