ANALISIS PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDN 150 BAIBO KABUPATEN ENREKANG
Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Bagaimana penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter siswa kelas IV di SDN 150 Baibo Kabupaten Enrekang. 2) untuk mengetahui pengaruh penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter siswa kelas IV di SDN 150 Baibo Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif ini menjelaskan teori dan menggambarkan data informasi berdasarkan kenyataan (fakta) yang telah diperoleh di lapangan dan adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 150 Baibo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penguatan profil pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter siswa yang diberikan oleh guru dengan melakukan beberapa kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan profil pelajar Pancasila. Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, melakukan kerja bakti atau diskusi, membuat karya-karya yang kreatif, melakukan sebuah pengamatan, dan melakukan kegiatan ekstrakurikuler yaitu pramuka dengan mengikutkan siswa untuk melaksanakan kemah akbar. Profil pelajar Pancasila belum sepenuhnya terlaksana karena memiliki beberapa kendala diantaranya kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, jaringan yang tidak stabil dan guru masih mengikuti workshop secara daring mengenai tentang profil pelajar Pancasila. (2) Selain itu, dampak yang didapatkan siswa dalam penguatan profil pelajar Pancasila ini adalah dapat mengembangkan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
References
Harahap, Nursaipa. PENELITIAN KUALITATIF . Medan: Wal Ashri Publishing, Maret 2020
Kaddas, B., Yunus, M., & Nangku, A. (2022). IMPLEMENTASI TRAINING EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 20–25.
Laras Sinta, Yes Matheos Malaikosa, Djiko Hari Supriyanto. IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no 4 (2022): h 3194-3198.
Nensi, nensi, Hastati, S. ., & Fitri, R. (2023). ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS RENDAH DI UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 KOTA MAKASSAR. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(2), 155–163.
Nurekawati, Erwin Nurdiansyah, & Andi Besse Marda. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI RA AL FAQIH BONTOSUNGGU. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 772–787.
Nurhaedah, N., Supriadi, S., & Satriani. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI KABUPATEN GOWA. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 65–74.
Supriadi, Jumriati, Abu Bakar Tumpu, & Erwin Nurdiansyah. (2020). DESAIN INOVASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MAHASISWA TUNANETRA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS AUDIO DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 75–88.
Wahyuni, silvi, Kaddas, B. ., & Musbaing , M. . (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VI UPTD SDN 212 INPRES PANGKAJENE KECAMATAN MAROS BARU KABUPATEN MAROS. ALENA : Journal of Elementary Education, 1(1), 74–82.