PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA TRIOMINO TERHADAP KECEPATAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS V SDIT BUDI UTOMO MAKASSAR
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Media Triomino, Kecepatan Menyelesaikan SoalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif berbantuan media triomino terhadap kecepatan dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas V SDIT Budi Utomo Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah 30 orang siswa, dimana 15 siswa pada kelas eksperimen dan 15 siswa pada kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif berbantuan media triomino terhadap kecepatan dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas V SDIT Budi Utomo Makassar sangat baik yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis uji-t diperoleh nilai signifikan yaitu eksperimen sebesar 0.039<0.05 dan kontrol 0.041<0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif berbantuan media triomino terhadap kecepatan dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas V SDIT Budi Utomo Makassar.
References
Ancok, D. dan Suroso, F. N. 2011. Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Dwi, D. R., Asmawi, M., Wasan, A., & Widiastuti, 2018. Pengaruh Metode Latihan Dan Power Tungkai Terhadap Peningkatan Kecepatan Akselerasi, Sprint, Jurnal Olahraga, 3(2), h. 62-69 http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/juara/article/view/236
Faizi, Matsur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: Divapress.
H, Herlawan dan Alsah D. 2022. Pengaruh Pemberian Tugas Secara Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika: 8(1).
Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hudoyo, Herman. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Isa, Abu al-Tirmizi, Sunan al-Tirmizi, Juz V, h.29
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismail, Andang. 2015. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media.
Jasira, Ramadhona, dan Tambunan. 2018. Kecepatan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning di SMK Pembangunan Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Jesi Alexander Alim, Syahrilfuddin, Jalinus. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Triomino Matematika dalam Tatanan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Lupita, Dyas Ayu. Triomino Perkalian. (http://dyasayulupita.blogspot.co.id /2013/09/trimikal-triomino-perkalian-29.html). Diakses pada tanggal 20 Januari 2023
M, Muridlo dan Budiyono, Pengaruh Media Trimikal (Trimino Perkalian) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Kelas III SDN 2 Kedamean Gresik. JPGSD,1568- 1577. pgsd/article/view/24332, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian- Diakses pada tanggal 20 Januari 2023
Majid, Abdul. 2013. Stratetegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhsetyo. 2014. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nafis, Khilmatun. Pengaruh Penerapan Metode Permainan Triomino Terhadap Hasil Belajar Matematika Tentang Pecahan Siswa kelas IV SD Se-Dabin IV Di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun 2012.
Q.S Al-Mujadilah (58): 11
Qomusuddin, Ivan Fanani. 2019. Statistik Pendidikan. Cet: 1: Yogyakarta : Deepublish.
Rianto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
“Rendah, Prestasi Matematika Indonesia,” artikel diakses pada 20 Januari 2023 dari http://www.topix.com/forum/world/malaysia/TPKMP1F380BEBFJGS.
Robi, Alfa dkk. Triomino. (http:alfarobi90.files.wordpress.com/2011/05/workshoptriomino.pptx)
Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Solihatin. 2012. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. cet: 15: Bandung: alfabeta.
Sunjaya, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia”, Jurnal Pendidikan Dasar 4. No. 1.
Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.