IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS III DI SD INPRES TABARINGAN

Authors

  • Cahya Rahmadhani Universitas Islam Makassar
  • Erwin Nurdiansyah Universitas Islam Makassar
  • Mulyadi S Universitas Islam Makassar

Keywords:

Project-Based Learning, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi model Project Based Learning pada siswa kelas III SD Inpres Tabaringan serta untuk mengetahui peningkatan karakter profil pelajar Pancasila setelah penerapan model Projek Based Learning pada siswa kelas III SD Inpres Tabaringan. Jenis dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Tabaringan yang berlokasi di jalan Yos Sudarso no. 31, Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Inpres Tabaringan. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 29 Maret sampai dengan tanggal 19 April 2023 pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif, yaitu dengan membuat penyederhanaan data, paparan atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Implementasi model Project Based Learning pada siswa kelas III SD Inpres Tabaringan berhasil diterapkan dengan menggunakan lima tahapan pembelajaran yaitu pembukaan (penentuan pertanyaan mendasar, desain (menyusun perencanaan projek), memantau siswa dan kemajuan projek  serta penilaian hasil dan evaluasi terhadap pelaksanaan PjBL tersebut: 2). Dengan adanya implementasi model Project Based Learning pada siswa kelas III SD Inpres Tabaringan terjadi peningkatan karakter profil pelajar Pancasila pada dimensi yang diamati yaitu karakter bergotong royong pada elemen siswa memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan individu/kelompok lain (kolaborasi) dan elemen siswa mampu menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan anggota lain dalam kelompoknya (saling ketergantungan positif) memperoleh persentasi tertinggi yaitu 96.30% dengan kategori Sangat Tinggi, sedangkan pada elemen siswa mampu berkomunikasi, mendengar dan menyimak pesan dan gagasan orang lain (komunikasi) persentasenya 85,40% (Sangat Tinggi). Begitu pula pada dimensi Kreatif, persantase karakter siswa juga berada pada kategori Sangat Tinggi yaitu 88,89%.

 

References

Atmarizon, D., & M. Zaim. (2016) The Implementation Of Scientific Approach In Teaching English At The Tenth Grade Of Senior High School 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan seni, XVII (1), 1-18. DOI: 10.24036/komposisi.v17i1.8113

Ariyana, et.al. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir tingkat Tinggi. Jakarta: Dirjen GTK.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat kurikulum dan Pembukuan Kementrian Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas. Hlm. 1

Budinurani, Lili.2020. Pengaruh Project Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Karakter Siswa pada Materi Larutan dengan Sarana Lesson Study. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, Volume 3 Nomor 2, November 2020

Dayana, dkk. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Diorama dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Kelas IV Sekolah Dasar. https://ejournal.unib.ac.id/juridikdasunib/article/view/25

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahan serta Transliterasi. Jakarta: Aneka Ilmu Semarang. Hlm 833.

Effendi, Mukhlisin. 2020. Implementasi Pembelajaran berbasis Projek (PjBL) untuk Mengembangkan Kemampuan berpikir mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo. Cendekia Vol. 15 No. 2

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Hlm 119

https://www.tasadmin.id/2022/01/raport-projek-profil-pelajar-pancasila.html. Diakses pada tanggal 27 Januari 2023

https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/perkenalan/profil-pelajar-pancasila/pengertian/ diakses pada tanggal 27 Januari 2023.

https://pgsd.binus.ac.id/2022/04/27/apa-itu-profil-pelajar-pancasila/diakses pada tanggal 27 Januari 2023

https://ypsa.id/2022/05/30/pendidikan-karakter-profil-pelajar-pancasila/diakses pada tanggal 27 Januari 2023

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14145044257945-Pengertian-Profil-Pelajar-Pancasila. Diakses pada tanggal 27 januari 2023

https://www.tasadmin.id/2022/01/raport-projek-profil-pelajhar-pancasila.html. Diakses pada tanggal 29 januari 2023

Isriani dan Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group. Hlm 5

Junaidi. 2020. SOCIU: Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis SMA Negeri I Mandastana. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran ilmu pengetahuan Sosial. Hlm 29 dan 34

Kurniawan Junaidi, Juliandri. n.d.-a. 172 | Seminar Nasional Sejarah Ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang

Kurniawaty, dkk. 2022. Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4); 5170-75. doi :10.31004/ edukatif. V 4i44.3139.

Marza, dkk. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 456-462

Mohamad .2022. Proyek Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan 2(04)

Octavia, dkk. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKn Menjadi Warga Negara Yang Baik dan Cerdas. Jurnal Pendidikan Vol.4

Riadi, Muchlisin. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning/PjBL). Diakses pada 1/29/2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-berbasis-proyek.html

Rifqi Hamzah, dkk. 2002. Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan 2 (04).

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara. Hlm. 7

Safitri, dkk. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu 6(4): 7076-86.doi:10.31004/basicedu. V 6i4.3274

Sudrajat, Ahmad. Tentang Pendidikan Karakter. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/diakses 26 Januari 2023

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik , 25(2), 155

Umi Fadhillah, dkk. 2023. Analisis Model PjBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/artcle/view/14118/10863

Purwati. 2022. Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):5170-75

Puspytasari , Heppy Hima. 2022. Jurnal Perndidikan Islam Wena, Meda. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporar. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyastuti, Ana. 2022. Implementasi Proyek Penguatan Projek Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen 1(2):189-203.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Cahya Rahmadhani, Erwin Nurdiansyah, & Mulyadi S. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA KELAS III DI SD INPRES TABARINGAN . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1194–1210. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/188