UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADAUSIA 4-5 TAHUN DI BAHARI PULAU GONDONG BALI

Authors

  • Fadilah Universitas Islam Makassar
  • Andi Besse Marda Universitas Islam Makassar
  • Erwin Nurdiansyah Universitas Islam Makassar

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Bermain Peran, 4-5 Tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 Tahun di TK Bahari Pulau Gondong Bali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), model yang digunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 anak 6 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara perencanaan, tindakan, observasi dsn dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I dan siklus II maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: Berdasarkan kecerdasan interpersonal anak pada usia 4-5 tahun dapat ditingkatkan. Kemampuan kecerdasan interpersonal anak siklus I dibuktikan dengan rata-rata 45.45 % dalam kategori pencapaian anak Mulai Berkembang (MB) sedangkan pada siklus II berada pada rata-rata 84.08 % dalam kategori pencapaian anak Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran pada anak usia 4-5 Tahun di TK Bahari Pulau Gondong Bali.

References

Yuliani Nuraini Sujiono, Bambang Sujiono, h.36

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD, (Jakarta, Direktorat Pembinanaan Pendidikan Anak Usia Dini, 2015), h.5

Op-Cit, Mulyasa, Manajemen PAUD. h.176-179

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Fadilah, Andi Besse Marda, & Erwin Nurdiansyah. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADAUSIA 4-5 TAHUN DI BAHARI PULAU GONDONG BALI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1247–1254. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/189