PENGARUH MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BADOKKA

Authors

  • Findiarti Universitas Islam Makassar
  • Jusmaniar N Universitas Islam Makassar
  • Ira Irviana Universitas Islam Makassar

Keywords:

Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction (ARIAS), hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Badokka. 2) Untuk mengetahui pengaruh model ARIAS terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Badokka. Jenis penelitian eksperimen dan adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Baddoka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dan inferensial berupa uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias) terhadap kemampuan hasil belajar pada mata pelajaran ipa siswa kelas IV SD negeri Badokka. dikategorikan sangat baik, karena adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan sebelum penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias). (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran assurance, relevance, interest, assesment and satisfaction (arias) terhadap kemampuan hasil belajar pada mata pelajaran ipa siswa kelas IV SD negeri Badokka berdasarkan nilai uji t yang menunjukan nilai signifikansi (2-talled) lebih kecil dibandingkan 0,05 (0,000<0,05).

References

Mardiana & Sumiyatun. Implementasi Kurikulum 2013 dalamPembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Ilmiah. Vol 5, No 1. (2017) :h. 5

Trianto Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Konstektual. Jakarta: (Perdana Media Group 2013) h. 137

Iskandar, Op. Cit. h :18

Sugiano, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alpabeta 2014): H. 20

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Findiarti, Jusmaniar N, & Ira Irviana. (2023). PENGARUH MODEL ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BADOKKA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1255–1261. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/190