PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK PADA SISWA KELAS III DI SDIT AL-FATIHA AMPEK NAGARI
Keywords:
Peran Guru, Akhlak SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT dalam membentuk akhlak pada siswanya. Serta untuk mengetahui bagaimana akhlak pada siswa disekolah tersebut dan cara guru dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan pengamatan secara lansung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDIT Al-Fatiha Ampek Nagari Kabupaten Agam. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Siswa kelas III di SDIT Al-Fatiha tersebut rutin melakukan shalat berjamaah di masjid sekolahnya, bersalaman dengan guru ketika hendak pulang, bersalaman jika ada kerabat yang mengunjunginya, dan berbicara sopan. (2) Terdapat tenaga pengajar yang penuh kesabaran menghadapi berbagai problem masing-masing siswanya, dan para guru yang menerapkan perannya sebagai guru disekolah. (3) Dari hasil observasi dan wawancara ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak pada siswa baik internal maupun eksternal. (4) Metode yang diterapkan oleh guru PAI terbukti mampu memberikan perubahan kepada siswanya meskipun secara perlahan. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui bagaimana peranan guru PAI di sekolah tersebut dalam membentuk akhlak pada muridnya dan apa saja tindakan yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi permasalahan akhlak pada siswanya.
References
Anaya, A., & Ginting, N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sekolah Smp Muhammadiyah 47 SUNGGAL. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.272-278
Anom, Prasetiya, B., & Halili, H. R. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Madrasah Diniyah Nurul Ghozali Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4020
chrismonica. (t.t.). Mengenal SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu serta Kelebihan dan Kelemahannya! | Orami. orami. https://www.orami.co.id/magazine/sdit
Erlinung, N. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), Article 1.
Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72
Faishol, R., Fadlullah, M. E., Hidayah, F., Fanani, A. A., & Silvia, Y. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Mts An-Najahiyyah. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.36526/jppkn.v6i1.1657
Halim, N., Muhammad, D. H., & Arifin, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terhadap Perkembangan Teknologi Di SDN Sumberkare II Kabupaten Probolinggo. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i1.22
Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.194-220
Mbagho, F. I., Khulailiyah, A., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 116–130.
Novianti, D., Ayuhan, A., Alma, M. M., Busahdiar, B., Mutiara, D., & Rosfiani, O. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia di MTs Nurul Falah Pondok Aren Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/14229
permana, D. F. W. (2012). Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin | Widya Permana | Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 25–29.
Sugiyono;, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). Alfabeta. //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43
Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), Article 1.
Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. 231–239.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. 41–47.