PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DAN MEDIA KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 AMPEK ANGKEK
Keywords:
Media Powtoon, Media Konvensional, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pembelajaran dengan media video animasi powtoon dan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajar 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII-6 dan kelas kontrol adalah VIII-4. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran video animasi powtoon berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang menerapkan media konvensional berada di klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows diperoleh rata-rata kelas kontrol 79,57 dan kelas eksperimen 87,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar menggunakan media video animasi powtoon dan media konvensional.
References
Abduh, M. (1996). Tafsir Al-Manar. Darul Ma’arif.
Arianto, R., Kantun, S., & Sukindin. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. 12(1), 122.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Fajar, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Pengajaran, 3(2110–114).
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group. http://eprints.unm.ac.id/20720/
Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Antasari Press. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2204/1/Rodhatul.pdf
Khoiruddin, A., Pargito, P., & Miswar, D. (2016). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media Google Earth dan media konvensional. Jurnal Penelitian Geografi (JPG), 4(2). https://core.ac.uk/download/pdf/289929619.pdf
Miudi, I. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Pejaten Timur 01. Jurnal Cendekia, 7(1), 372–379.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Rusli, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri Bontonompo Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Septianova, B. S. F. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONVENSIONAL. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/17621
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02). http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/870
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/MKDK400403-M1.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kauantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 2(2), 103.