UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENDIAGNOSA KESULITAN BELAJAR DI SMAN 1 LINGGO SARI BAGANTI
Keywords:
Upaya Guru PAI, Mendiagnosa Kesulitan Belajar, SMAN 1 Linggo Sari BagantiAbstract
Penelitian dalam penulisan riset ini mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar di SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Latar belakang penuliaan riset ini adalah melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pembelajaran hal ini terlihat pada guru kurang memperhatikan perilaku siswa dalam pembelajaran seperti guru masih membiarkan siswa rebut saat dalam proses pembelajaran, dan guru kurang memberikan motivasi dan hanya terfokus pada materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan sedangkan waktu pembelajaran 3 jam / minggu dan untuk mendiagnosa kesulitan belajar dengan mewawancarai orang tua untuk mengetahui kondisi keluarga yang menjadi masalah bagi siswa dalam belajar, namun pendekatan yang dilakukan guru belum maksimal untuk mengatasi kesulitan belajar, siswa dapat dilakukan kunjungan kerumah atau lewat media telepon. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Upaya guru pendidikan agama islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar dengan wawancarai orang tua di SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menjadi informan penelitian terdiri dari data primer guru PAI dan data sekunder kepala sekolah, Teknik pengumpulan data adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengambarkan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar adalah sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat pertama pada guru PAI belum maksimal melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pembelajaran seperti guru kurang memperhatikan siswa yang ribut dalam belajar dan kurang memberikan motivasi dalam belajar, guru hanya terpokus pada materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan seharusnya guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya supaya siswa merasa paham dengan materi yang dijelaskan dan guru bisa memberikan contoh metode pembelajaran sehingga siswa lebih menguasai materinya.
References
Al-Qur’an dan Terjemahannya, (1989), Semarang:CV Toha Putra
Al-Abrasyi, M Athiya, (1974), Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Arifin, M, (1991), Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta:Bina Aksara
,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara
Arikunto Suharsimin, (1989), Prosedur Suatu Penelitian Praktek. Jakarta:Rineka Ciptax
Afiatin, Tina dan Sri Mulyani Martaniah, (1998), Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok dalam Jurnal Psikologika Yogyakarta: Fakultas Psikologi UII
Anis Muhammad Matta, (2002), Membentuk Karakter Cara Islam, Jakarta:Al-I'tishom
Al-Toumy M. al-Syaibany, (1979), Filasafat Pendidikan Islam, Jakarta:Bulan Bintang
Bahri Syaiful Djamarah, (2010), Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Bajarmasin:Rineka Cipta,
Corey, Gerald, (1988), Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Bandung:PT Eresco
Daradjat Zakiah, (1995), Pendidikan Islam dalam Keluarga & Sekolah, Jakarta:CV Ruhama,
De Barbara Angelis, (2002), Confidence, Percaya diri, Sumber Sukses dan Kemandirian, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Fathurahman Muhammad dan Sulistyorini, (2012), Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai dengan Standar Nasional, Yogyakarta:Sukses Offset
Fensterheim, Herbert dan Jean Baer, (1980), Jangan Bilang:Ya" Bila Anda Akan Mengatakan "Tidak" Jakarta:Gunung Jati
Hakim, Lukman, dkk, (2017), Penulisan berpedoman kepada penulisan karya ilmiah Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Balaiselasa YPPTI Pesisir Selatan
Ridha, Akrim, (2002), Menjadi Pribadi Sukses, Alih Bahasa:Tarmana Abdul Qasim Bandung: Asy-Syamil
Razak Nazarudin, (1980), Dinul Islam, Bandung: PT Alma’rif
Radaksi, Tim Fokusmedia, UU Sisdiknas (No. 20 Tahun 2003), Bandung: Fokusmedia
Louwis Ma’luf, (2008), Almunjid Fil Lughah Wal Alam, Berut:Daar Al-Masyiriq
Ramayulis, (2005), Metode Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Surjani Ahmad, 1999, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana Nana dan Ahmad Rifa’i, (2002), Media Pengajaran Bandung:Sinar Algesindo
Shadily, Hassan, (1983), Ensiklopedi Indonesia Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve
Saleh, Abdurrahman Abdullah, (1994), Teori-teori Pendidikan Islam Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta:PT Rineka Cipta
Tafsir, Ahmat, (1997), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung:PT Remaja Rosyda Karya
Purwodarminto, (1983), Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Pendidikan, Departemen dan Kebudayaan, (1998), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Nurdin Muhamad, (2004), Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Prismasophie
Nata Abudin, (1997), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Nurdin Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman, (2002), Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta:Ciputat Press
Ngalim M. Purwanto, (2005), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Diponegoro
Nuruhbiyati, (2005), Ilmu Pendidikan Islam, Bandung:Pustaka Setia
Muhaimin dkk, (2001), Paradigma Pendidikan IslamBandung: Rosda Karya
Muhibbin Syah. (2011), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
................ (2011), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy, (2008), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosdakarya,
Marimba, Ahmad D, (1980), Filsapat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al Ma'arif
Majid. Abdul Dian Andayani, (2004), Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya
Usman, Jalaluddin, (1994), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika Offset
Firman., Baedhowi., & Murtini, W. (2018) The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. IJAL (International Journal of Active Learning) IJAL, 3(2), p-ISSN 2528-505X
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik Jakarta: Kencana.
Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.