UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENDIAGNOSA KESULITAN BELAJAR DI SMAN 1 LINGGO SARI BAGANTI

Authors

  • Mohamad Tabri UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati UIN Imam Bonjol Padang

Keywords:

Upaya Guru PAI, Mendiagnosa Kesulitan Belajar, SMAN 1 Linggo Sari Baganti

Abstract

Penelitian dalam penulisan riset ini mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar di SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Latar belakang penuliaan riset ini adalah melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pembelajaran hal ini terlihat pada guru kurang memperhatikan perilaku siswa dalam pembelajaran seperti guru masih membiarkan siswa rebut saat dalam proses pembelajaran, dan guru kurang memberikan motivasi dan hanya terfokus pada materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan sedangkan waktu pembelajaran 3 jam / minggu dan untuk mendiagnosa kesulitan belajar dengan mewawancarai orang tua untuk mengetahui kondisi keluarga yang menjadi masalah bagi siswa dalam belajar, namun pendekatan yang dilakukan guru belum maksimal untuk mengatasi kesulitan belajar, siswa dapat dilakukan kunjungan kerumah atau lewat media telepon. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Upaya guru pendidikan agama islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar dengan wawancarai orang tua di SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menjadi informan penelitian terdiri dari data primer guru PAI dan data sekunder kepala sekolah, Teknik pengumpulan data adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengambarkan upaya guru pendidikan agama Islam dalam mendiagnosa kesulitan belajar adalah sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat pertama pada guru PAI belum maksimal melakukan observasi kelas untuk melihat perilaku menyimpang siswa ketika mengikuti pembelajaran seperti guru kurang memperhatikan siswa yang ribut dalam belajar dan kurang memberikan motivasi dalam belajar, guru hanya terpokus pada materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan seharusnya guru mengaitkan pembelajaran  dengan materi sebelumnya supaya siswa  merasa paham dengan materi yang dijelaskan dan guru bisa memberikan contoh metode pembelajaran sehingga siswa lebih menguasai materinya.

References

Al-Qur’an dan Terjemahannya, (1989), Semarang:CV Toha Putra

Al-Abrasyi, M Athiya, (1974), Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang

Arifin, M, (1991), Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta:Bina Aksara

,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara

Arikunto Suharsimin, (1989), Prosedur Suatu Penelitian Praktek. Jakarta:Rineka Ciptax

Afiatin, Tina dan Sri Mulyani Martaniah, (1998), Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok dalam Jurnal Psikologika Yogyakarta: Fakultas Psikologi UII

Anis Muhammad Matta, (2002), Membentuk Karakter Cara Islam, Jakarta:Al-I'tishom

Al-Toumy M. al-Syaibany, (1979), Filasafat Pendidikan Islam, Jakarta:Bulan Bintang

Bahri Syaiful Djamarah, (2010), Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Bajarmasin:Rineka Cipta,

Corey, Gerald, (1988), Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Bandung:PT Eresco

Daradjat Zakiah, (1995), Pendidikan Islam dalam Keluarga & Sekolah, Jakarta:CV Ruhama,

De Barbara Angelis, (2002), Confidence, Percaya diri, Sumber Sukses dan Kemandirian, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Fathurahman Muhammad dan Sulistyorini, (2012), Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai dengan Standar Nasional, Yogyakarta:Sukses Offset

Fensterheim, Herbert dan Jean Baer, (1980), Jangan Bilang:Ya" Bila Anda Akan Mengatakan "Tidak" Jakarta:Gunung Jati

Hakim, Lukman, dkk, (2017), Penulisan berpedoman kepada penulisan karya ilmiah Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Balaiselasa YPPTI Pesisir Selatan

Ridha, Akrim, (2002), Menjadi Pribadi Sukses, Alih Bahasa:Tarmana Abdul Qasim Bandung: Asy-Syamil

Razak Nazarudin, (1980), Dinul Islam, Bandung: PT Alma’rif

Radaksi, Tim Fokusmedia, UU Sisdiknas (No. 20 Tahun 2003), Bandung: Fokusmedia

Louwis Ma’luf, (2008), Almunjid Fil Lughah Wal Alam, Berut:Daar Al-Masyiriq

Ramayulis, (2005), Metode Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Surjani Ahmad, 1999, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana Nana dan Ahmad Rifa’i, (2002), Media Pengajaran Bandung:Sinar Algesindo

Shadily, Hassan, (1983), Ensiklopedi Indonesia Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve

Saleh, Abdurrahman Abdullah, (1994), Teori-teori Pendidikan Islam Berdasarkan al-Qur’an, Jakarta:PT Rineka Cipta

Tafsir, Ahmat, (1997), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung:PT Remaja Rosyda Karya

Purwodarminto, (1983), Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Pendidikan, Departemen dan Kebudayaan, (1998), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Nurdin Muhamad, (2004), Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Prismasophie

Nata Abudin, (1997), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Nurdin Syafruddin dan M. Basyiruddin Usman, (2002), Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta:Ciputat Press

Ngalim M. Purwanto, (2005), Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Diponegoro

Nuruhbiyati, (2005), Ilmu Pendidikan Islam, Bandung:Pustaka Setia

Muhaimin dkk, (2001), Paradigma Pendidikan IslamBandung: Rosda Karya

Muhibbin Syah. (2011), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

................ (2011), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy, (2008), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosdakarya,

Marimba, Ahmad D, (1980), Filsapat Pendidikan Islam, Bandung: PT Al Ma'arif

Majid. Abdul Dian Andayani, (2004), Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosyda Karya

Usman, Jalaluddin, (1994), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Jakarta: Sinar Grafika Offset

Firman., Baedhowi., & Murtini, W. (2018) The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. IJAL (International Journal of Active Learning) IJAL, 3(2), p-ISSN 2528-505X

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik Jakarta: Kencana.

Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Mohamad Tabri, Martin Kustati, & Gusmirawati. (2023). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENDIAGNOSA KESULITAN BELAJAR DI SMAN 1 LINGGO SARI BAGANTI . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1262–1283. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/196