PENERAPAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Keywords:
Peranan, E-modul, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peranan dari pengembangan e-modul berbasis saintifik menggunakan fliphtml 5 pada materi qurban dan aqiqah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX terhadap motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam pembelajaran yang masih bersifat konvensional membutuhkan solusi agar pembelajaran dapat dilakukan secara inovatif untuk dapat meningkatkan motivasi siswa. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan E-modul yang memiliki keunggulan dan dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik karena didalamnya terdapat terdapat video pembelajaran, gambar dan audio berupa backsound yang dapat didengarkan dari halaman awal hingga akhir. Selain itu e-modul mudah dibawa kemana saja, dan menghemat biaya. Soal latihan yang ada pada e-modul dapat mempermudah siswa mengethui kemampuannya. Subjek penelitian yaitu 1 orang ahli dalam pembelajaran fiqih, 1 orang ahli media pembelajaran, 1 orang ahli teknologi pendidikan, dan juga 1 orang guru mata pelajaran PAI serta 11 orang siswa unutk uji coba perorangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dengan presentase 90,5%. Dengan masing-masing penilaian kelayakan isi 91,25%, kelayakan Penyajian 90,55%, kelayakan bahasa 89%. Dan hasil uji coba diperoleh 90,18%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan e-modul dalam pembelajaran dapat meninkatkan motivasi belajar siswa kelas IX.
References
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50.
Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82.
Efendi, A. (2009). Beberapa catatan tentang buku teks pelajaran di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 320–333.
Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.
Harun, S. (2022). Pembelajaran di era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1074
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sd selama pandemi covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778
Mahmudi, A. (2015). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 1, 561–566. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-81.pdf
Mu’minah, I. H. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring IPA pada masa pandemi covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1197–1211.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25.
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., Abdurachman, J., & Damayanti, D. (2016). Media pembelajaran. CV. Nurani. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook%20Media%20Pembelajaran.pdf
Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. http://repository.uinsu.ac.id/17641/1/Diktat%20Media%20Pembelajaran%20Naik%20Pangkat.pdf
Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. Seminar Nasional PGSD Unimed, 2(1), 246–311. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/16127
Setiawan, A. R. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi sebagai upaya melatih literasi saintifik. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 140–145. https://www.academia.edu/download/65290840/2020_01_17_1_6_127_1_PB.pdf
Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/2171
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/11830
Umamah, N. (2017). Pembelajaran Sejarah Kesiapannya Menghadapi Tantangan Zaman. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83960
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR MODAL UNTUK SISWA KELAS XI IPS MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463