PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Authors

  • Seswi Derti UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati UIN Imam Bonjol Padang

Keywords:

Cooperative Learning, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Cooperative Learning terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII MTsS Koto Tuo Kumpulan Kecamatan Bonjol dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap Metode Cooperative Learning dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Dalam hasil observasi, terdapat beberapa isu, salah satunya adalah masalah Pendidikan agama Islam terutama mata pelajaran Aqidah Akhlak. Salah satu fokus penelitian ini adalah kurang efektifnya proses pembelajaran Aqidah Akhlak oleh para siswa di MTsS Koto Tuo Kumpulan Kecamatan Bonjol kabupaten Pasaman. Salah satu solusi yang diusulkan adalah menggunakan metode Cooperative Learning untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan para siswa dalam memahami mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode Cooperative Learning ini adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang , dengan struktur kelompoknya yang heterogen. Implementasi metode Cooperative Learning telah memberikan dampak yang positif pada kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran aqidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( Field Research ). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan mengembangkan dan menggunakan hasil penelitian sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan. Teknik yang gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan metode Cooperative Learning yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik. 2. Para siswa merasa senang dengan adanya metode Cooperative Learning, dalam hal ini dikarenakan siswa mendapatkan kesempatan untuk berbicara dalam memberikan ide dan pendapatnya dalam mata pelajaran Aqidah akhlak.

References

Aisya. (2023, September 17). Siswa Kelas VIII MTsS Koto Tuo Kumpulan [Komunikasi pribadi].

Anshori, M. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-qur’an. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51476/dirasah.v1i1.56

Fatimah, N. (2015). IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2).

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method).

HidayatulQuran.https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=metodologi+penelitian+pendidikan&ots=XwBip5Uans&sig=jsw51tYmck3vp0Wo3sevFZuRyaU

Isjoni. (2016). Cooperative Learning. Alfabeta.

Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru (2 ed.). Remaja Rosdakarya.

Misnar. (2023, September 6). Pembelajaran Akidah Akhlak [Komunikasi pribadi].

Mulyadi. (2023, September 2). Pembelajaran Cooperative Learning [Komunikasi pribadi].

Ningsih, S., & Kurniah, N. (2016). PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF. 1.

Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. Edupsycons Jurnal, 2(1).

Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Epistema, 2(2), 90–99. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275

Prayogi, A., & Fiani, Q. (2023). IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMK NEGERI 03 PEKALONGAN. Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i1.1254

Ridho. (2023, September 17). Siswa Kelas VIII MTsS Koto Tuo Kumpulan [Komunikasi pribadi].

Rospendeli. (2023, Januari 16). Penerapan Metode Pembelajaran [Komunikasi pribadi].

Suriadi, S., Supriyatno, T., & Adnan, A. (2020). Al-Qur’an Hadits Learning Using Cooperative Learning Strategy. Jurnal Tarbiyatuna, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i2.2750

Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Seswi Derti, Martin Kustati, & Gusmirawati. (2023). PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1340–1349. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/199