MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK YANG BERMAKNA
Keywords:
Teamwork, Learning Activity, Science, Kerja Kelompok, , Aktivitas Belajar, , IPAAbstract
Penggunaan metode kerja kelompok yang bermakna untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pemgetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Sambung Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan pengamatan ( observasi ) awal peneliti hanya 38,15% aktivitas belajar siswa yang memiliki Subjek penelitian ini adalah 20 orang peserta didik. Selama penerapan Penelitian Tindakaan kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 61,14 % pada siklus pertama (I), kemudian menjadi 86,00% pada siklus kedua (II). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok yang bermakna dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
References
Anton M Mulyono, 2000, Kamus Besar Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Hadari Nawawi. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial. Jogjakarta: Gajah Mada University Press.
Oemar Hamalik, Proes Belajar Mengajar, Jakarta : 2001 : Bumi Aksara
Sardiman, A.M, 2003, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rosdakarya.
Sugiono. 2009 .Metode Penelitian Pendidikan ( pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D ) . Bandung : CV.Alfabeta.
Wardhani,IGAK.& Wihardit,Kuswaya. 2008 . Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta : Universitas Terbuka.
Darmadi, Hamid. 2012. Aktivitas Belajar Siswa http://hamiddarmadi.blogspot.com/2012/04/aktivitas-belajar-siswa-ala-paulb. html (Diakses Pada Tanggal 01 November 2022)