PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAIBP KELAS XI SMK PEMBANGUNAN BUKITTINGGI

Authors

  • Muhamad Azmy UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati UIN Imam Bonjol Padang

Keywords:

Hasil Belajar, Learning Together, Model Pembelajaran

Abstract

Salah-satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru memerlukan kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran, dengan penggunaan model pembelajaran yang sistematis dapat membuat suasana belajar lebih kondusif, aktif dan menyenangkan, salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran di mana upaya-upaya berorientasi pada tujuan tiap individu menyumbang pencapaian tujuan individu lain guna mencapai tujuan Pembelajaran dengan kata lain model pembelajaran kooperatif adalah bentuk pembelajaran yang menggunakan pendekatan melalui kelompok kecil siswa bekerja sama dan memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran kooperatif terdiri dari beberapa tipe, salah-satunya adalah tipe learning together. Model learning together ini merupakan salah-satu alternatif yang dirancang sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Model ini menekankan setiap siswa untuk bertanggung jawab secara individu dan kelompok dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Hasil wawancara dengan salah seorang guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Bapak Nofiral Tanjung, S.Pd pada tanggal 21 September 2022, diperoleh informasi bahwa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Pembangunan Bukittinggi khususnya pada kelas XI masih terdapat peserta didik yang memperoleh nilai tidak tuntas atau di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Abbdurahman bin Nasir as-sa’di. (2012), Tafsir al-Qur’an, Jakarta: Darul Haq.

Ade, Ismayani, (2020), Metodologi Penelitian, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Duli, Nikolaus. (2019), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Budi Utama.

E Robert. (2009). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together. Jakarta: LT.

Emzir. (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Endang Sri Wahyuningsih, (2020). Model Pembelajaran Matery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepbuslish,

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Muhamad Azmy, Martin Kustati, & Gusmirawati. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAIBP KELAS XI SMK PEMBANGUNAN BUKITTINGGI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1360–1368. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/202