TEKNIK DAN TIPE SUPERVISI PENDIDIKAN

Authors

  • Suhada UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Enung Nugraha UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Keywords:

Teknik, Tipe, Supervisi, Pendidikan

Abstract

Dalam ilmu administrasi pendidikan, kedudukan manusia sangat menentukan karena manusia dalam administrasi dan manajemen tidak hanya dipandang sebagai subjek tetapi juga objek. Atau dengan kata lain, manusia itu selain sebagai pelaku juga sebagai penerima perlakuan. Oleh karena itu diperlukan supervisi sebagai suatu pendekatan yang paling tepat dan manusiawi terhadap manusia yang melaksanakan kegiatan administrasi. Supervisi pendidikan merupakan kegiatan mengamati, membimbing dan memberikan stimulus pada setiap kegiatan pembelajran yang dilakukan oleh kepala sekolah/pengawas kepada guru/tenaga pendidik dengan maksud mengadakan perbaikan. Tujuan umum superrvisi pendidikan yaitu memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf sekolah lainnya agar mereka mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas, yaitu melaksanakan proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan jenis, teknik, dan tipe supervisi pendidikan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang mencakup kegiatan membaca, menulis, dan menganalisis bahan penelitian, serta memanfaatkan strategi pengumpulan informasi yang berpusat di perpustakaan. Penulis menggunakan analisis isi sebagai metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Analisis isi digunakan untuk membandingkan temuan suatu penelitian dengan penelitian lain yang berkaitan dengan isu yang sama. Buku teks dan artikel Jurnal berfungsi sebagai sumber pengetahuan yang digunakan untuk penyusunan artikel ini.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Cita Audia, H. B. dkk. (2023). Hakikat Supervisi Pendidikan. Education, 06(01), 1–7.

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Supervisi dan penilaian kinerja guru.

Fauziyah, N. L. (2020). Supervisi Pendidikan Perspektif Hadis Nabi Dan Pengembangannya Dalam Meningkatkan Jualitas Profesionalisme Guru. Almarhalah, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v3i1.31

Kristiawan, M., Yuyun Yuniarsih, Mp., Happy Fitria, Mp., & Nola Refika SPd, Mp. (2019). Supervisi Pendidikan. 1–3. www.cvalfabeta.com

Larasati. (2019). Proses dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jurnal Artikel, 1(1), 1–11.

Milasari, E. a. (2021). Prinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 45–60. file:///D:/6/supervisi/ref 1 supervisii.pdf

Nasution, I. (2021). SUPERVISI p. In Supervisi Pendidikan.

RAHMAN ABD. (2021). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 1–16.

Rosi Tiurnida Maryance, S. S. . M. P., Dr. Citra Dewi, S. P. . M. P., Muhammad Yani, M. P., Sanwil, M. A., Fatniaton Adawiyah, S. P. . M. P., Tasdin Tahrim, S. P. . M. P., Wirda, M. P., Reni Septrisia, M. P., Sayed, S. P. I. . M. P., & Bahera, M. P. I. (2022). Teori Dan Aplikasi Supervisi Pendidikan. In Teori Dan Aplikasi Supervisi Pendidikan.

Sari, A. M. (2020). Library Research of the Basic Theory وممارسة الكتابة التعبيرية الاستشارة. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.

Sari sasi gendro, dea aulya. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.

Sulistiorini, D. (2021). SUPERVISI PENDIDIKAN , DR SULISTIORINI.pdf.

Suparliadi, S. (2021). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 187–192. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2571

TOHA, T. M., Ristianah, N., & In’am, A. (2022). Supervisi Pendidikan Islam. In Jurnal Kependidikan Islam (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.100-114

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Suhada, Enung Nugraha, & Agus Gunawan. (2023). TEKNIK DAN TIPE SUPERVISI PENDIDIKAN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1369–1379. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/203