URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA

Authors

  • Guswarni Pranata Universitas Samudera
  • Ayu Wahyuni Universitas Samudra

Keywords:

Napza, Pendidikan Karakter, Remaja

Abstract

Karena semakin banyak orang yang menggunakannya saat ini, penyalahgunaan NAPZA menjadi masalah besar di Indonesia. Ada banyak alasan untuk kebiasaan ini, seperti tekanan, tawaran, atau bujukan dari seseorang atau kelompok orang, seperti teman sebaya atau seniornya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pentingnya pendidikan karakter untuk mengatasi penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja. Penelitian ini bermanfaat untuk membantu pembaca memahami pentingnya pendidikan karakter untuk mengatasi penyalahgunaan NAPZA di kalangan remaja. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat menjadi solusi dari permasalahan penggunaan NAPZA dikalangan remaja.

 

References

Amanda, M. P., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja (Adolescent Substance Abuse). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Leuwol, N. V., & Gaspersz, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Mahasiswa Universitas Victory Sorong. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(04), 133-140.

Arifudin, O., Hidana, R., Julius, A., Doho, D. B., Sormin, E., Ghazali, A., & Bahri, A. S. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis).

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157-170.

Chairunnisa, M., Afriani, M., & Sitorus, M. A. (2019). Hubungan Pengetahuan, Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Penggunaan NAPZA Pada Remaja Provinsi Sumatera Utara (Analisis Data Sekunder SRPJMN Tahun 2017). Jurnal Diversita, 5(2), 86-94.

Chastanti, I., & Munthe, I. K. (2019). Pendidikan karakter pada aspek moral knowing tentang narkotika pada siswa menengah pertama. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 26-37.

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390-9394.

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11-19.

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337-1346.

Handayani, D. N., & Agussalim, A. (2022). Upaya Penanganan Penyalahgunaan Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora, 6(1), 223-228.

Hasibuan, L. S., Lubis, A. E., Fazri, A., & Prayuti, R. D. (2021). Upaya Menghindari Penyalahgunaan Napza Dikalangan Remaja Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 3(1).

Hayati, S. (2023). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pada MTSN 11 Agam. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 1(5), 394-403.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan kearifan etnik dalam mengembangkan karakter. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Iskarim, M. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-20.

Isnaeni, H., Badrujaman, A., & Sutisna, A. (2020). Studi pustaka evaluasi konseling individu dalam rehabilitasi penyalahgunaan NAPZA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(3), 107-113.

Istiqomah, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kolopita, S. (2013). Penegakan Hukum Atas Pidana Mati Terhadap Pelaku Tindak Pidana Narkotika. Lex Crimen, 2(4).

Lensoni, L., Lidiawati, M., Arham, N., Savitri, E., & Rahmawati, C. (2019). PKM Sosialisasi Dampak Gadget, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Pergaulan Bebas. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2(2), 227-233.

Lubis, N. H. S. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Penggunaan Narkoba Di Mts Al-Washliyah Desa Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara).

Maisaroh, I., Yuliana, N., & Abdurohim, A. (2023). Komunikasi Spritual Pembiasaan Shalat Dhuha Sebagai Media ‘Center Of Excellent’dalam Pembinaan Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 134-140.

Muhammad, M., Sulaiman, S., & Jabaliah, J. (2019). Antisipatif Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan Karakter Di Kalangan Siswa Madrasah Aliyah Di Provinsi Aceh. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 126-140.

Munita, R., Maysaroh, L., & Maulia, S. T. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Adiba: Journal Of Education, 3(3), 366-374.

Nasution, R. A. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali (Doctoral dissertation, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara).

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Prayitno, H. J., Kusmanto, H., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Jamaluddin, N., Samsuddin, S., & Ilma, A. A. (2019). The politeness comments on the Indonesian President Jokowi Instagram official account viewed from politico pragmatics and the character education orientation in the disruption era. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 52-71.

Pusnita, I. (2021). Pengetahuan Siswa tentang Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(3), 234-240.

Sari, M. P., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Qayyim Al-Jauziyyah Dalam Kitab Tuhfatu Al-Maudud Bi Ahkami Al-Maulud. Adiba: Journal Of Education, 3(3), 395-406.

Sulfikah, S., Ismail, I., Nurlinda, N., Yardina, Y., Fardiansyah, F., Bahar, A. N. A., & Wicaksono, B. H. (2023). Pemberdayaan Tokoh Masyarakat Tellu Boccoe dalam Mengantisipasi Penyalahgunaan Narkoba pada Generasi Milenial. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 147-156.

Thambu, N., Prayitno, H. J., & Zakaria, G. A. N. (2021). Incorporating active learning into moral education to develop multiple intelligences: A qualitative approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 17-29.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7-12.

Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153-161.

Usman, U. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba Di Sma Negeri 1 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 70-80.

Waziana, W. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Melalui Pendidikan Karakter Bangsa. JIKMAS (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Desa), 1(1), 23-29.

Yuniarto, A., Megawati, S., Rangkuti, S. N., Nurfi, A., & Junaedi, A. L. (2023). Konseling Dan Edukasi Bahaya Penyalahgunaan Obat Napza Di Kalangan Remaja. Monsu'ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 162-170.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Pranata, G., & Ayu Wahyuni. (2023). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1380–1386. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/204