PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW

Authors

  • Muhammad Syahril Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang,
  • Muhammad Zalnur Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Zulmuqim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Era Klasik, Nabi Muhammad SAW, Pendidkan Islam

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran Nabi Muhammad sebagai utusan Allah dalam menyampaikan pesan- pesan kebaikan dan kebajikan, membimbing, dan menyesuaikan masyarakat dengan jalan yang baik. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Artikel ini menggambarkan bagaimana pembinaan pendidikan Islam pada masa Nabi Muhammad saw pada periode klasik fase Makkah dan Madinah. Fase Makkah selama 13 tahun terbagi menjadi tiga tahap: sembunyi, terang-terangan, dan seruan umum. Materi pendidikan mencakup tauhid, baca-tulis Al-Qur'an, dan pembentukan akhlak. Fase Madinah, setelah hijrah, mencirikan upaya Rasulullah dalam memperkuat masyarakat baru dengan mendirikan Masjid Quba sebagai lembaga pendidikan pertama. Fokus pada pembentukan persatuan dan kesatuan sosial, Rasulullah mengajarkan kewarganegaraan melalui pendekatan yang holistik. Materi pendidikan melibatkan seluruh aspek ajaran Islam, diperluas dari Makkah. Lembaga pendidikan, terutama Masjid dan Suffah, berperan penting dalam menyebarkan dan mengamalkan ajaran Islam. Pentingnya pendidikan anak menjadi sorotan khusus, menekankan keberlanjutan dakwah dan mempersiapkan generasi mendatang. Artinya, Rasulullah tidak hanya mencetak pemimpin spiritual tetapi juga bertanggung jawab atas pembentukan warganegara yang baik. Artikel ini menawarkan wawasan mendalam tentang pendidikan Islam pada era awal Islam, menegaskan peran kunci Nabi Muhammad dalam membentuk peradaban melalui pendidikan yang holistik dan berkelanjutan.

References

Akla, & Muzakki, A. (2019). TRANSMISI NILAI DAN ILMU PENGETAHUAN : Menilik

Eksistensi dan Keberfungsian Lembaga Pendidikan Islam Akla Ahmad Muzakki Abstrak Pendahuluan Tonggak pendidikan Islam , untuk kali pertamanya berawal dari proses pembelajaran dalam Islam . Sementara itu , Goa. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan ::, 03(1), 117–130.

Asari, H. (2014). Hadis-hadis Pendidikan Sebuah Penelusuran Akar-akar Ilmu Pendidikan Islame.

Chaeruddin. (2013). Pendidikan Islam Masa Rasulullah Saw. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 421–

Retrieved from https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6639

Doni Ahmad Saefuddin. (2022). Akar Pendidikan Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW. dan Khulafaur Rosyidin. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Volume 2, 124. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Eny Novia Titriana1, T. A. (2023). Social Science Academic. Pendampingan Praktek Wudhu Dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Di TPQ Al Husnan Desa Sidoharjo Kecamatan Pulung, (2023), 123–131.

Fitri, M., & Zuraidah, E. (2020). PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH MELALUI MAJELIS TAKLIM DI KOTA PADANGSIDIMPUAN. Al Qolam, 4(1), 43–61.

Hafiddin, H. (2015). Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 17–30.

Huda, F., Yuliharti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Nabi & Khulafaurrasyidin. Kutubkhanah, 20(2), 137.

https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13348

Ifendi, M. (2021). Pendidikan Islam Rasulullah Saw Periode Madinah: Strategi, Materi Dan Lembaga Pendidikan. Al-Rabwah, 15(01), 9–15. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i01.71

Ma’rifah, A. N. (2022). KHARAKTERISTIK MASA PEMBINAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH (MAKKAH DAN MADINAH). Dimar Jurnal Pendidkan

Islam, 3(2).

Najmuddin, & Iskandar. (2013). Pola Pendidikan Islam pada Periode Rasulullah Mekkah Dan Madinah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial Agama(Jipsa), 13(3), 67–73.

Suriadi. (2017). Pendikan Islam Masa Rasulullah SAW. BELAJEA:Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 1–14.

Yahya, M., Febriyanti, F., Jagat, L. S., Rahayu, I., & Hariyadi, A. (2022). Implementation of Qur’an Memorization Activities At Man 2 Palembang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 711–726. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.4131

Yusra, A. F., & Zulmuqim, Z. (2022). Pendidikan Islam Masa Rasulullah dan Eksistensi Kuttab serta Masjid dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Kawakib, 2(2), 130–137. https://doi.org/10.24036/kwkib.v2i

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Muhammad Syahril, Muhammad Zalnur, & Zulmuqim. (2023). PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1387–1395. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/206