MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KARISMATIK DAN POST MODERN

Authors

  • Abd.Rahman UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Machdum Bahtiar UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Keywords:

Kepemimpinan, Karismatik, Modern, Karakteristik, Kelebihan, Kelemahan, Penerapan

Abstract

Kepemimpinan adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan organisasi. Model kepemimpinan yang efektif dapat membantu organisasi mencapai tujuan mereka dengan lebih baik. Dalam jurnal ini, kami akan membahas dua model kepemimpinan yang populer yaitu kepemimpinan karismatik dan kepemimpinan modern. Kami akan membandingkan kedua model ini dari sudut pandang karakteristik, kelebihan, kelemahan, dan penerapannya di berbagai organisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang kedua model kepemimpinan ini dan membantu pemimpin dalam memilih model yang paling sesuai dengan situasi dan tujuan organisasi mereka. 

References

Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Ary H. Gunawan, 2002, Administrasi Sekolah Administra Pendidikan Mikro, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aynur Pala, The Need For Character Education, dalam International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies Vol 3, No 2, 2011 ISSN: 1309-8063 (Online).

Dindin Jamaluddin, Character Education In Islamic Perspective, dalam International Journal Of Scientific & Technology Research, Volume 2, Issue 2, February 2013 ISSN 2277-8616.

E. Rochaeti, Rahayuningsih, Pontjorini dan G.P. Yanti, 2006, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Fakih, Aunur Rohim dan Iip Wijayanto. 2001. Kepemimpinan Islam. Yogyakarta: UII Press.

H.A. Malik Fadjar, 1993. Administrasi dan Super Visi Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Hendyat Soetopo, 2001, Manajemen Pendidikan, Malang : Universitas Negeri Malang.

Husaini Usman, 2010, Manajemen : Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Imam Tolkhah dan Ahmad Barizi, 2004, Membuka Jendela Pendidikan Islam, Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

John M. Echols dan Hasan Sadily, 1996, Kamus Ingris-Indonseia, Jakarta: PT Gramedia, 351. Kemudian, lihat juga Ahmad Kurnia El-Qarni, Leadershif Dalam Organisasi Perusahaan, (Online). http://www.w3c.org/TR/1999/REC-html. (Diakses 1 Mei 2018)

Kuntowijoyo, Al-Quran sebagai Paradigma Jurnal Ulumul, Jurnal Ulumul Quran No. 4 Vol, No V th. 1994137

M. Manullang & Marihot Amh Amnullang, 2008, Manajemen Personalia, Yogyakarta : Gajah MadaUniversity Press.

Malayu S.P Hasibuan, 2001, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : Bumi Aksara.

Malik Bin Anas Abu Abdullah AlAshbahiy, , 1991, Al- Muwaththa Imam Malik, Juz 3 Damasqus: Darul Qalam.

Moh. Shofan, 2004, Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam,Gresik: UMG Press.

Mokhtar Abdullah, dkk. Value Based Total Performance Excellence Model; Baseline Assessment Criteria Guidlines For Organizations, 23-28.

Muhaimin, dkk, 2009,Manajemen Pendidikan :Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Sekolah / Madrasah, Jakarta : Kencana.

Muhammad Syafi’i Antonio, 2007, Muhammad SAW: The Leader Suoer Manager, Jakarta:Tazkia Multimedia & ProLM Center, 77-255.

Nanang Fattah, 2004, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto, 2010, Administrasi dan Supervisi Pendidikan,Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pius A Partanto dan M. Dahlan AlBarry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola, TT

T. Hani Handoko, 2003, Manajemen, Yogyakarta : UGM.

Tobroni, 2005, The SpiritualLeadership; Pengefektifan Organisasi Noble Industry Melalui Prinsip-Prinsip Spiritual Etis, Malang: UMM Press.

Wahjosumidjo, 2005, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Weinata Sairin, 2001,Pendidikan yang Mendidik, Jakarta : Yudhistira.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Abd.Rahman, Machdum Bahtiar, & Anis Fauzi. (2023). MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KARISMATIK DAN POST MODERN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1396–1405. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/207