PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN, SERTA PERANANNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Keywords:
Khulafaur Rasyidin, Pemimpin, Pendidikan TauhidAbstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji lebih dalam mengenai sejarah pendidikan Islam sebelum, dan pada masa Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis melalui studi literature melaluai pendekatan sejarah (historical approach) yang secara spesifik dengan menggunakan langkah sebagai berikut: Pertama, heuristik merupakan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengkategorikan dan meneliti sumber-sumber sejarah; Kedua, kritik sumber adalah kegiatan menguji sumber sejarah dengan menggunakan kritik ekstern dan intern; Ketiga, interpretasi adalah kegiatan menafsirkan terhadap fakta yang sudah diuji dengan kritik sumber; Keempat, penyajian dengan menyampaikan sintesa yang diperoleh dalam sebuah karya sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Islam pada masa Rasulullah dilaksanakan dalam dua periode, yaitu periode Mekah dan Madinah. Pendidikan periode Mekah dilakukan dilakukan, yaitu tahapan sembunyi-sembunyi, tahapan secara terang-terangan dan tahapan seruan umum. Sedangkan pendidikan periode Madinah kelanjutan pendidikan di Mekah, yaitu pembentukan dan pembinaan masyarakat baru. Pendidikan Islam pada masa ini dibagi menjadi empat periode, yaitu: periode Khalifah Abu Bakar as-Siddiq, periode Umar bin Khatab, periode Usman bin Affan dan periode Ali bin Abu Thalib.
References
Ali, K. 2003. Sejarah Islam dari Awal Hingga Runtuhnya Dinasti Utsmani (Tarikh Pramodern). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Anwa, s., Azmi, f. & Mukti, A. (2022) Kurikulum Pendidikan Islam Masa Rasulullah "Jurnal Pendidikan Islam”, VOL. 11 (02).
Armando, A., & dkk. (2004). Ensiklopedi Islam Untuk Pelajar 6 (III). Ichtiar Baru van Hoeve.
Fajriah, N. (2019) Gambaran Sistem Pendidikan Islam Pada Masa Sahabat "Jurnal Serambi Ilmu", Volume 20,(01):122-124)
Fatah, S. (2011). Sejarah Peradaban Islam (III). Pustaka Rizki Putra.
Glasse, Cyril. 2002. Ensiklopedi Islam. Terj . Ghufran A. Mas’adi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kosim, M. & Munawaroh, N. (2021) Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin dan Perannya dalam Pengembangan Pendidikan Islam "Jurnal Fakultas Tarbiyah, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia" Vol. 02 (2), 79.
Mahdi, I. & Hidayani, I. (2019) Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Khulafaurrasyidin "Jurnal Pendidikan Islam”, VOL: 08 (01), 146.
Muthoharoh, M. dan Aisyah, S . (2023) Konsep Pendidikan Islam Pada Masa Khulafaur Rosyidin "Jurnal Pendidikan Islam Prodi PAI STIT Al-Urwatul WUtsqo Jombang".
Nizar, Samsul (editor). 2009. Sejarah Pendidikan Islam – Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Surono. & Ifendi, M. (2021) Pendidikan Islam Klasik: Model Dan Karakteristik "Jurnal Kependidikan Islam" vol.2 (02).
Syalabi, A. (1994). Sejarah Kebudayaan Islam I (VIII). Penerbit Pustaka Al-Husna.
Qiso, A. A. (2021). Ali bin Abi Thalib sebagai Pintu Ilmunya Rasulullah SAW. “Jurnal Pendidikan Bahasa Arab”, Vol. 2(2).
Zainudin, E. (2015). Peradaban Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin. Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1337