ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Authors

  • Abd. Rahman UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Abdul Muin UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Keywords:

Jasa Pendidikan, Strategi Pemasaran Jasa, Pendidikan Madrasah

Abstract

Saat ini paradigma dalam memandang pendidikan mulai ber- geser, yang awalnya pendidikan dilihat dan dikaji dari aspek sosial, seka- rang orang melihat pendidikan lebih pada sebuah corporate. Artinya, lembaga pendidikan dipahami sebagai suatu organisasi produksi yang menghasilkan jasa pendidikan yang dibeli oleh para konsumen. Produk dalam kontek jasa pendidikan madrasah adalah jasa yang ditawarkan ke-pada pelanggan berupa reputasi, prospek, dan variasi pilihan. Lembaga pendidikan yang mampu bertahan dan mampu memenangkan persaingan jasa pendidikan adalah lembaga yang dapat menawarkan reputasi, pros- pek, mutu pendidikan yang baik, dan peluang yang cerah bagi para siswa untuk menentukan pilihan-pilihan yang diinginkannya. Pemasaran yang digunakan secara khusus pada sekolah, yaitu analisis, perencanaan, pe- laksanaan, dan pengendalian program yang dirumuskan secara hati-hati, yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran nilai secara sukarela dengan pasar sasaran/ pasar target (target market) jasa pendidikan untuk mencapai tujuan sekolah. Sekolah harus mempunyai strategi pemasaran jasa pendidikan karena sekolah adalah sektor jasa yang membutuhkan orientasi pemasar khusus.

References

Hidayat, Ara, & Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Apli- kasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah). Yogyakarta: Kaukaba. 2018.

Jauch, Lawrence R., and William Gluech, Bussiness Policy and Strategic Manajement, New York: McDraww-Hill, 2019.

Kotler, Philip. Marketing Management. The Millennium Edition. New Jesrey: Pren- tice-Hall International Inc., 2016.

Kotler, Philips, Manajemen Pemasaran, Jakarta: SMTG Desa Putra, 2016.

Minarti, Sri, Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri), Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2019.

Muhaimin, Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pen- gembangan Sekolah/Madrasah),cet. Ke-4 Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2018.

Susanto, Hery, & Khaerul Umam, Manajemen Pemasaran Mank Syariah, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

Tjipto, Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2016.

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2017). Zuhdi, Masjfuk, Masail Fiqhiyah, (Jakarta: CV. Haji Masagung, 2019).

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Abd. Rahman, & Abdul Muin. (2023). ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1457–1467. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/211