PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BY MEDIA STORYBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AL-FURQAN PADANG
Keywords:
Problem Based Learning, Storyboard, Hasil Belajar, Akidah AkhlakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang antusias dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah eskperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 21diperoleh signifikan α dalam 2 sisi (2-tailed) =0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa (0,000<0,05). Dengan demikian, H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model problem Based Learning by media Storyboard dan model konvensional ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning by media Storyboard dan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang.
References
A. Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.
Adriantoni, S. N. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Penyusun, T. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi. UIN Imam Bonjol.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.
Taufiqurrahman. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Pilar Nusantara.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
Waryanto, N. H. (t.t.). Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif.















