PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BY MEDIA STORYBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AL-FURQAN PADANG

Authors

  • Ike Wahyuni Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmirawati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Syafruddin Nurdin Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Problem Based Learning, Storyboard, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang antusias dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah eskperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 21diperoleh signifikan α dalam 2 sisi (2-tailed) =0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa (0,000<0,05). Dengan demikian, H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model problem Based Learning by media Storyboard dan model konvensional ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning by media Storyboard dan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang.

References

A. Pribadi, B. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.

Adriantoni, S. N. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Penyusun, T. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi. UIN Imam Bonjol.

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.

Taufiqurrahman. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Pilar Nusantara.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.

Waryanto, N. H. (t.t.). Storyboard dalam Media Pembelajaran Interaktif.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Ike Wahyuni, Martin Kustati, Gusmirawati, Syafruddin Nurdin, & Gusmaneli. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BY MEDIA STORYBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AL-FURQAN PADANG . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1497–1503. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/214