ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MASA NEW NORMAL PADA SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF AN-NUR

Authors

  • Reza Ramadhan Universitas Islam Jember
  • Sholahudin Al Ayubi Universitas Islam Jember
  • Muhlisatul Mahmudah Universitas Islam Jember

Keywords:

Analisis, Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas VII Mts Ma’arif An Nur di masa New Normal. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VII Mts Ma’arif An Nur di masa New Normal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kesulitan belajar dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar matematika siswa kelas Mts Ma’arif An Nur sebagai berikut: persentase factor penyebab kesulitan matematika pada minat siswa sebesar 52,4% dikategorikan sangat rendah, persentase factor motivasi siswa sebesar 61,42% dikategorikan sangat rendah, persentase factor percaya diri sebesar 61,3% dikategorikan sangat rendah, persentase factor keluarga sebesar 47,62% dikategorikan sangat rendah dan persentase factor sekolah sebesar 44,05% dengan kategori sangat rendah.

References

Amanah, S. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Mrebet Kabupaten Purbalingga. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8919/

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Iswanto, A., Kristianti, K., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Sistem Persamaan Linier Siswa SMP di Pasca Pandemik. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 55–62. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3236

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. In PT.Refika Aditama. PT. Refika Aditama.

Sabara, E., & Wahrini, R. (2021). Desain Media Visual Pada Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ). SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19,” 230–238.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 113–125.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Reza Ramadhan, Al Ayubi, S., & Mahmudah, M. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MASA NEW NORMAL PADA SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF AN-NUR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1504–1512. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/218