KORELASI SUBJECTIVE WELL BEING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MASA PANDEMI
Keywords:
Subjective Well-Being, Hasil Belajar Matematika, Siswa MTs Al-Amien Jember, Masa Pandemi, KorelasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara Subjective Well-Being (Kesejahteraan Subjektif) dengan hasil belajar matematika pada siswa MTs Al-Amien Jember selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di tengah kebijakan pemerintah yang menghentikan kegiatan belajar mengajar di semua tingkatan pendidikan tanpa batas waktu. Perubahan pola pembelajaran telah mempengaruhi hasil belajar, terutama pada siswa dengan kesejahteraan psikologis yang rendah, ditandai oleh rendahnya penerimaan diri remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi untuk mengetahui hubungan antara Subjective Well-Being dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Hasil belajar matematika di kelas VII diketahui dipengaruhi oleh kesejahteraan subjektif yang rendah, dengan pengaruh sekitar 0,4% terhadap variasi hasil belajar selama masa pandemi.
References
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.
Dewi, L., & Nasywa, N. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi subjective well-being Lharasati Dewi Naila Nasywa. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 54–62. http://journals.sagepub.com/
Fajarwati, D. I. (2014). Hubungan dukungan sosial dan subjective wellbeing pada remaja smp n 7 yogyakarta. Skripsi, 1–101.
Hamdana, F., & Alhamdu. (2015). Subjective Well-Being dan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi MAN 3 Palembang. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 115–124.
Loyalitas, T., Xl, P., Sampang, A., Maulana, W., Lestari, D., Putri, P., & Madura, U. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang Wahyu Maulana Devi Lestari Pramita Putri Universitas Madura. 3(2), 225–238.
Maryanti, E., Ilyas, M., & Palopo, U. C. (2021). Pengaruh Subjective Well Being Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 80–88.
Pramudita, R. (2015). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Subjective Well-Being pada Siswa SMA Negeri 1 Belitang. Psychology Forum UMM, ISBN, 978–979. http://mpsi.umm.ac.id/files/file/541-546 Rhesaroka.pdf
Puspitaningtyas, N. D. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kkpi Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Kelas X Paket Keahlian Busana Butik Smk Negeri 6 Purworejo.
Ramzani, E. (2015). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Minat Siswa Dalam Berwirausaha Di Smk Muhammadiyah Prambanan. 1–100.
Sciences, H. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.
Setiawan, N., Azizah, P. N., Yuanita, V. E., Masruroh, V., Rahmawati, P., Mardikasari W, S., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMP di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 91–95. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1811
Syarah, F. S. (2019). Hubungan Social Support dengan Subjective Well-Being pada Siswa Penyandang Disabilitas di Banda Aceh.
Wirawan, Andi Andika, Sjahruddin, Herman, Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z
Zakiyah, Z. (2020). Hubungan Antara Subjective Well-Being Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Nuraida Islamic Boarding School (Nibs) Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2760















