ETNOMATEMATIKA PADA TARI RENGGANIS KEBUDAYAAN MASYARAKAT KARANGPRING KABUPATEN JEMBER SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN GEOMETRI
Keywords:
Tari Rengganis , Etnomatematika, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan etnomatematika pada Tari Rengganis sebagai bahan pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara yang berkaitan dengan Tari Rengganis Kebudayaan Masyarakat Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tari Rengganis Jember tidak hanya memiliki unsur budaya semata, namun juga terdapat etnomatematika pada berbagai bagian gerakan badan diantaranya gerakan kepala, tangan, kaki dan pola lantai. Pada gerakan-gerakan terdapat unsur matematika berupa transformasi geometri yaitu rotasi (perputaran) dan refleksi (pencerminan), bentuk geometris yaitu setengah Lingkaran Segitiga.
References
Kemdikbud. 2015. Matematika SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232.
Wahyuni, Astri, dkk. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal. Yogyakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.