PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KRISTEN PATTI
Keywords:
Numbered Head Together (NHT), Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Togethe (NHT) pada siswa kelas IV SD Kristen Patti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa jadi meningkat (Aqib, Zainal:2010). Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SD Kristen Patti yang berjumlah 17 siswa. Setelah proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Patti. peningkatan hasil belajar dapat dilihat peningkatan nilai rata-rata siswa secara keseluruhan. Nilai rata-rata tes awal 49,41, meningkat pada siklus I setelah guru menerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,47. Hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,94. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikatakan berhasil.
References
Agustina, R. L. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177106. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i3.180
Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875.
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Dedi Kusnaeni, dkk, 2023. Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio ISSN 2459-9522 (Print), 2548-6756 (Online) Vol. 9, No. 2, 2023, pp. 1017-1023. https://pdfs.semanticscholar.org/4613/a9b890af8e4c846a667813d003baf935f55f.pdf
Wardani Naniek Sulistya, 2012. Pengaruh Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik.Universitas Kristen Satyawacana
Hau, E. M., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 89-98
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Journal Mathematic Paedagogic, 2 (2)
Sudarta, W. G., Manuaba, I. B. S., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Journal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. Journal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9 (3).
Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330-341.
Yenni Fitra Surya, 2018. Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 135-139 JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education http:// stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu. https://media.neliti.com/media/publications/278123-penerapan-model-numbered-head-together-u-84f05788.pdf.