PENANAMAN PERILAKU BERANI ANAK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND SEDERHANA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI EDUWISATA NDALEM KERTO

Authors

  • Ariani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Perilaku berani AUD, Outbound sederhana, Anak usia 3-4 tahun

Abstract

Perkembangan anak usia 3-4 tahun merupakan fase kritis dalam pembentukan karakter dan perilaku mereka, sehingga perlu adanya penanaman keberanian anak. Penanaman keberanian anak bertujuan agar sikap atau kemampuan yang terdapat dalam diri anak berkembang dengan baik, anak di arahkan untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan yang menunjukkan sikap berani. Pada saat di alam terbuka anak akan melalui tantangan-tantangan atau rintangan yang perlu anak lewati tanpa bantuan orang lain. Terdapat salah satu cara yang dapat diterapkan didalam kegiatan untuk pembelajaran anak dalam menumbuhkan keberanian anak yaitu menggunakan Outbond sederhana, dimana anak akan melakukan kegiatan pembelajaran di alam terbuka atau dilingkungan sekitarnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari anak-anak dan trainer outbound.Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan outbond dapat efektif dalam meningkatkan berbagai keterampilan pada anak usia dini. Kegiatan outbound sederhana di Eduwisata Ndalem Kerto memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan keberanian, keterampilan sosial, dan pengalaman belajar anak usia 3-4 tahun. Pembelajaran melalui kegiatan ini memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan anak, membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan lebih percaya diri, tangguh, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

References

Artobatama, I. 2019. Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15099

Basir, A. (2021). Pengelolaan Pengembangan Program Melalui Permainan Outbound. 2(2).

Ceria, J., Energik, C., & Inovatif, R. 2020. Persepsi guru TH terhadap kegiatan Outbound dalam mempengaruhi kecerdasan majemuk Anak Usia Dini. 3(4). https://ejournal.imn.ac.id/index.php/el-audi/article/view/29

Florida, N., López, C., & Pocomucha, V. 2012. Metode permainan Outbound dalam upaya peningkatan kemandirian anak. 2(2). https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/2256

Merdekawati, I., Fadlullah, & Rosidah, L. 2019. Penerapan Permainan Outbond Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Peradaban Cilegon- Banten. JP PAUD FKIP Untirta, 6(November 2019). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7402

Nur Nashirah, U., & Nurhidaya, Ar. S. 2023. Meningkatkan Keterampilan Kinestetik Melalui Permainan Outbound Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. In ALENA-Journal of Elementary Education (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal-fkip-uim.ac.id/index.php/alena/article/view/12

Restyowati, Donik dan Najlatun Narqiyah. 2010. Jurnal : Penerapan Teknik Permainan Kerjasama Untuk meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa.

Samik, & Rohita. 2014. Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun. PAUD Teratai, 3. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/8025

Setiadi, M. A., & Agustin, M. 2020. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Persepsi Guru TK Terhadap Kegiatan Outbond Dalam Memepengaruhi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. 3(4). http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4713

Sobah, A., Diana, D., & Setiawan, D. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Outbound Anak Usia Dini Di TK Roudlotul Ilmi Jatibarang Brebes. JURNAL PENDIDIKAN, 31(1), 37. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2023

Wulansari, Betty Yulia, and Sugito Sugito. 2016. "Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini." JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 3.1. https://staffnew.uny.ac.id/upload/131461630/penelitian/PENGEMBANGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20ALAM.pdf

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Ariani, & Betty Yulia Wulansari. (2024). PENANAMAN PERILAKU BERANI ANAK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND SEDERHANA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI EDUWISATA NDALEM KERTO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 46–52. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/229

Issue

Section

ARTICLES