PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA SEKOLAH BINAAN
Keywords:
Peran Guru,, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan sebuah inovasi dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan manusia yang berdaya saing, kreatif, dan inovatif. Dalam pelaksanaannya, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. Makalah ini membahas mengenai peran guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, tantangan yang dihadapi, serta strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut.
Penelitian dan pengalaman menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Guru harus memahami dan menguasai konsep, pendekatan, dan strategi yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka serta mampu mengaplikasikannya di dalam kelas. Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah kurangnya pemahaman tentang konsep dan pendekatan Kurikulum Merdeka, keterbatasan waktu dan sumber daya, serta resistensi dari beberapa pihak.
Strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru, menjamin ketersediaan sumber daya dan sarana prasarana yang memadai, serta melibatkan semua pihak terkait dalam proses pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Dalam hal ini, kepala sekolah juga memiliki peran penting dalam memberikan dukungan dan memfasilitasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah.
Dalam kesimpulannya, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka sangat penting untuk mencapai tujuan dari inovasi tersebut. Tantangan yang dihadapi dapat diatasi dengan strategi yang tepat, seperti memberikan pelatihan dan pendampingan, menjamin ketersediaan sumber daya, dan melibatkan semua pihak terkait. Sehingga, perlu adanya dukungan dari semua pihak untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah.
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2021). Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusumaningrum, D. (2020). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 211-220.
Mulyasa, E. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sani, R. A. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.