AKURASI KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG BERADA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (POCENTER)

Authors

  • Umul Fitri Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurtina Irsad Rusdiani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

Kemandirian, Tempat Penitipan Anak

Abstract

Kemandirian adalah kemampuan untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada orang lain untuk menyelesaikan aktivitas atau tugas sehari-hari sendirian atau dengan sedikit bimbingan tergantung pada tingkat perkembangan dan kemampuan. Hal ini tidak serta merta bisa dilakukan anak secara tiba-tiba akan tetapi perlu adanya stimulasi dan bimbingan dari orangtua. Namun saat ini banyak orang tua termasuk ibu yang bekerja sehingga melemahkan peran keluarga sebagai tempat pendidikan anak. Salah satu lembaga yang diharapkan dapat melaksanakan tugas tersebut adalah Tempat Penitipan Anak (TPA). Penitipan anak adalah sarana pendidikan dan pengembangan kesejahteraan anak, yang menggantikan keluarga untuk waktu tertentu, selama orang tua melakukan perjalanan atau tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus anak (di tempat kerja atau sebaliknya). Maksud dan tujuan pengasuhan anak adalah memberikan pelayanan tumbuh kembang yang optimal pada tahap awal. Penelitian ini dilaksanakan di TPA POCENTER yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak di TPA POCENTER khususnya di POCENTER. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa lembar observasi atau instrumen observasi, catatan observasi dan catatan wawancara.. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemandirian anak di TPA  POCENTER tergolong tinggi. Anak dapat melakukan berbagai aktivitas secara mandiri tanpa bantuan orang lain.

References

Devi Sofa Nur Hidayah, Cahniyo Wijaya Kuswanto. 2019. “PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019.” Paud Lectura 3 (2): 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68.

Laiya, Juan William, and Selfy Manueke. 2022. “Pentingnya Akurasi Data Dalam Mempertahankan Kinerja Perusahaan Pada PT . Massindo Solaris Nusantara.” Jurnal MABP 4 (0431): 38–51.

NASTITI, A A. 2009. Studi Komparasi Kemandirian Anak Prasekolah Yang Dititipkan Di Tempat Penitipan Anak Dan Diasuh Pembantu Yang Ibunya Bekerja. https://repository.unair.ac.id/121872/.

Plutzer, Michael B. Berkman and Eric. 2021. “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK MUSLIMAT NU 001 PONOROGO,” no. April: 6.

Sa’ida, Naili. 2016. “Kemandirian Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Mandiri Desa Sumber Asri Kecamatan Ngegok Kabupaten Blitar.” Pedagogi Jurnal Surabaya Universitas Muhammadiyah 2 (3): 88–95.

Puspita, Heni. 2019. ”Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Peniti[an Anak”. Trunojoyo Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 6 (1): 49-55.

Firmansyah, M. Masrun and I Dewa Ketut Yudha S. 2021. “Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif”. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan 3 (2).

http://repository.usahidsolo.ac.id/2428/

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Umul Fitri, & Nurtina Irsad Rusdiani. (2024). AKURASI KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG BERADA DI TEMPAT PENITIPAN ANAK (POCENTER). INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 53–60. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/230

Issue

Section

ARTICLES