MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA ANAK USIA 5 TAHUN TK PABATTA UMMI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Kemampuan Bahasa, Kegiatan Bercerita, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bercerita anak usia 5 tahun di TK Pabatta Ummi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun objek penelitian menggunakan 10 obyek peserta didik umur 5 tahun di TK Pabatta Ummi Makassar.Dengan metode pembelajaran penggunakan media boneka tangan dalam menyampaikan kegiatan berceria anak. Berdasarkan Penelitian ini menganalisis kegiatan bercerita yang digunakan guru dalam peningkatan kemampuan bahasa anak berdasarkan penelitian yang dilakukan di Tk Pabbata ummi dapat dijelaskan bahwa penerapan kegiatan bercerita melalui boneka tangan terhadap perkembangan keterampilan bercerita hasil dari perkembangan penelitian yaitu: (1) menceritakan kembali cerita/ dongeng yang di dengar terdapat 1 anak mulai berkembang(MB),3 anak mulai berkembang sesuai harapa,(BSH),6 anak berkembang sangat baik,(BSB),(2) Memahami cerita yang di bacakan terdapat 1 anak mulai berkembng(MB),terdapat 4 anak berkembang sesuai harapan(BSH), 5 anak berkembang sangat baik(BSB), (3) Mengulang kalimat sederhana, terdapat (0) anak mulai berkembang (MB), 4 anak mulai berkembang sesuai harapan (BSH), 6 anak berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak pada umur 5 tahun.
References
Apriani, A., Sari, I.P. & Suwandi, I.K. 2017. Pengaruh Living Values Education Program (Lvep) Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Siswa Sd Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 105. Http://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/
Taman cendekia/Article/View/1947/1129, Diakses 11 Maret 2020.
Aprianti Yofita Rahayu, Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita, (Jakarta: Indeks,2013), Hlm. 86.
Aryani Ayu Sariska Panjaitan, Usman Radiana, Dian Marianda. Analisis Metode Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun, program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan Pontianak.
Arikunto, prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,2010, Hlm 185
Eka Rizki Amalia, Amalia Rahmawati, Salma Farida, Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC), Mojokerto.Hlm.8-9.
Fandi Rosi Sarwo. Teori Wawancara Psikodignostig. (Yogyakarta: leutikaprio 2019) hal 1
Hendrastomo, Grendi, dkk, Model Kegiatan Pembelajaran Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan/ Grendi Hendrastomo, dkk; Edisi Juni 2021; Daerah Istimewa Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Sosiologi, 2021. Hlm.1.
https://penerbitdeepublish.com/kerangka-berpikir/
Hadisa Putri, Penggunaan Metodeceritauntukmengembangkan Nilaimoralanak TK/Sd, Urnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Nomor 1, Oktober 2017, Https://Media.Neliti.Com/ Media/ Publications/222482-Penggunaan-Metode-Cerita-Untuk-Mengemban.Pdf, Diakses 11 Maret 2020.
Indah Wahyuni, Respon Mahasiswa Universitas Negri Medan Terhadap Wacana Kampus Merdeka, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Hubungan Masyarakat
Jusrian, Ahmad Nasriadi, Cut Fazli Hanum, Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Kotak Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B TK FKIP Banda Aceh (Universitas Bina Bangsa Getsempena), Jurnal Ilmia Mahasiswa vol.2 no.2 Otober 2021.
Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak.Hlm. 175-179.
Marfuatun Khuriyah, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Di Ra Muslimat Nu Pasuruhan 2 Mertoyudan Magelang, skripsi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, yogyakarta 2014.8 september 2020.
Otang Kurniaman, Muhammad Nailul Huda, Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SD Muhamadiyah 6 Pekanbaru, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. Hlm. 251
Siti Khanisa. 2015. Interaksi Ekstratekstual Dalam Proses Bercerita Kepada Anak Usia Dini:(Fasilitator Paud Provinsi Aceh Tim UNICEF 2006- Sekarang).
Sunarto dan Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Rineka Cipta,2008), Hlm. 24
Saifudin Azwar, Metode Penelitian, (yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), Hlm 5
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung Alfabeta. 2012), Hlm 2.
Sukmadinata, metode penelitian pendidikan, 2009, Hlm 216
Tuti Marjan Fuadi. Konsep Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. FKIP Biologi Universitas Abulyatama Aceh Besar Hlm.189
Try Setiantono. 2012. Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di NPaud Smart Little Cilame Indahbandung: Stkip Siliwangi Bandung.
Tika Jun’ Ifatul Husna, Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di RA Ismaria Rajabasa Bandar Lampung, Universitas Isalam Negri Raden Intan Lampung.Hlm.30
Yona Aldi Ruspa. Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita: Universitas Negri Padang (UNP)
Yorri Didit Setyadi and others, ‘Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 sebagai “Agent Of Change Dan Social Control, Dinimisal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.6 (2021), 1542-47<https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592>