PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 25 MAKASSAR

Authors

  • Aisya Universitas Islam Makassar
  • Supriadi Universitas Islam Makassar
  • Jumriati Universitas Islam Makassar

Keywords:

Penerapan, Kemampuan Menulis Puisi, Metode Outdoor Study

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis puisi dengan menggunkana metode pembelajaran di luar kelas (outdoor study) pada siswa SMP Negeri 25 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Makassar yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi dalam bentuk catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.

References

Ahmad Badrun. 1989. Teori Puisi. Jakarta: Depdikbud Direktor Jendral Pendidikan Tinggi.

Akhadiah, Sabarti, Dkk. 2008. Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Rahmanto. 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Dewi Alisianda Nurani dan Warsima. 2010. Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Puisi Melalui Metode Outdoor Study. Malang

Dwi Puji Lestari. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Metode Pemebelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study)

Firman., Baedhowi., & Murtini, W. (2018) The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. IJAL (International Journal of Active Learning) IJAL, 3(2), p-ISSN 2528-505X

Henry Guntur Tarigan. 1985. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Herman J. Waluyo. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Kusnandar. 2011. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Merryanty Riski Ismawarni, Via Nugraha dan Senny Nuraeni. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Outdoor Study pada Siswa Kelas X SMAN 1 Katapang. Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. IKIP Siliwangi

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pemebelajaran Bahasa Berbaris Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2017. Hanbook of Writing (paduan lengkap menulis). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sabarti Akhadiah, dkk. 1995. Menulis. Jakarta: Dependikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah.

Semi, Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Slamet. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia . Surakarta: UNS Press.

Sri Hastuti. 1992. Konsep-konsep Dasar Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Suminto A. Sayuti. 1985. Pusi dan Pengajarannya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suparno dan Muhammad Yunus. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suroso dan Puji Santoso. 2009. Esterika: Sastra, dan Negara. Yogyakarta: Pararaton Publishing.

Suryadi, Edi, dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMPN Air Kumbang Melalui Metode Outdoor Study. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 3(1). PP: 24-25.

Syarif, E, Zulkarnaini dan Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Tarigan. H. G. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Vera, Adelia. 2021. Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press

.Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik Jakarta: Kencana.

Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Aisya, Supriadi, & Jumriati. (2024). PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 25 MAKASSAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 23–30. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/233

Issue

Section

ARTICLES