PENERAPAN PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE DALAM MENSTIMULASI KEMANDIRIAN ANAK DI POCENTER
Keywords:
Practical Life, KemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran practical life dalam menstimulasi kemandirian anak di pocenter. Pembelajaran ini bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada anak-anak dalam kegiatan sehari-hari, serta tidak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tetapi juga merangsang pengembangan kemandirian anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Melalui pendekatan ini, pocenter berusaha menciptakan lingkungan bekajar yang mendukung pertumbuhan anak secara holistik, melibatkan mereka dalam kegiatan sehari-hari seperti membersihkan, merapikan dan kegiatan lainnya yang mendukung pengembangan keterampilan hidup sejak dini. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran practical life terhadap kemandirian anak di pocenter, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan anak dalam kehidupan sehari-hari mereka.
References
Anisyah, Alinda Intan, and Dahrul Safitri. "Penanaman Sikap Kemandirian Melalui Pembelajaran Practical Life Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo." Prosiding Lokakarya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo 2 (2022): 1-13.
Indriyani, Eva. Pemanfaatan Kegiatan Practical Life Untuk Perkembangan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurhidaya, Andi Rezky, and Yuyun Gustiani. "Peningkatan Kemandirian melalui Kegiatan Pembelajaran Pratical Life pada Kelompok Bermain Asoka Makassar." Jurnal Edukasi Nonformal 4.1 (2023): 529-539.
Kurniawati, Nina, and Tuti Hayati. "Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life." JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal 3.1 (2020): 49-60.
solatiyah , n. (2023). analisis penerapan metode montesori pada aspek kemandirian anak melalui kegiatan pembelajaran practical life. buah hati.
tuti, n. (2020). meningkatkan kemanidrian anak melalui kegiatan practical life skill. pendidikan raudhatul athfal.
Yuliastutie, Kristiani Linda. "Pengaruh Pendekatan Metode Mentessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini." Arus Jurnal Pendidikan 2.2 (2022): 185-195