PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nidiana Cindra Puspita Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bahauddin Azmy Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Model Kooperatif Tipe NHT, Video Animasi Powtoon, Apresiasi Cerpen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan video animasi powtoon tentang kemampuan siswa kelas V pada kemampuan apresiasi cerpen. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan eksperimen semu menggunakan posttest-0nly control group design. Kelompok dengan sampel terpilih yaitu kelas ekperimen yang ditetapkan pada kelas V-E dan kelas kontrol yang ditetapkan pada kelas V-H. Metode pengumpulan data menggunakan posttest dengan teknik analisis data menggunakan SPSS 23.0 for windows meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pengujian normalitas berdistribusi normal dengan sig. 0,106 > 0,05 pada kelas eksperimen, sedangkan sig. 0,109 > 0,05 pada kelas kontrol. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan homogen dengan sig. 0,367 > 0,05. Pengujian hipotesis dengan sig. 0,022 pada taraf signifikan 5%, menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan video animasi powtoon berpengaruh pada kemampuan apresiasi cerpen siswa kelas V tahun ajaran 2023-2024 SDN Dr. Sutomo V-327 Surabaya.

References

Astrawan, I. G. B. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4), 227–242.

Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446.

Irawan, D.B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 211-215.

Juliawati, H., & Darmawati, D. M. (2022). Pengaruh Model NHT dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8146-8153.

Nuranisah, S. (2023). Pengaruh Model Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 130- 135.

Prayekti, H., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Mengidentifikasi Unsur Cerita Siswa Kelas V. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 38-41.

Resmini, N. (n.d.). Sastra Anak dan Pengajarannya di Sekolah Dasar.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1),126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Syahrina, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Novel Remaja pada Siswa Kelas VIII SMP Al Washliyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Nidiana Cindra Puspita Sari, & Bahauddin Azmy. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN APRESIASI CERPEN KELAS V SEKOLAH DASAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 61–67. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/236

Issue

Section

ARTICLES