ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Keywords:
Kesulitan, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah DasarAbstract
Kelangkaan siswa dalam membaca permulaan menjadi latar belakang pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan siswa dan mengetahui faktor yang menyebabkan siswa sulit dalam membaca permulaan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1F SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama dengan guru dan juga siswa yang memiliki aspek kesulitan membaca permulaan paling banyak yaitu berjumlah 2 siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triagulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aspek kesulitan tertinggi siswa dalam membaca permulaan adalah aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan dengan jumlah skor 1,5. Selanjutnya yaitu aspek menyimak cerita sederhana dengan jumlah skor 2. Kemudian aspek membaca kata tidak memiliki arti dengan jumlah skor 3,5. Lalu kesulitan pada aspek membaca kata bermakna dengan jumlah skor 3,6. Dan yang terakhir yaitu aspek mengenal huruf dengan jumlah skor 3,9, (2) terdapat 2 faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca permulaan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti faktor intelektual dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan.
References
Barlian, U. C. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 3296–3307.
Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. 7, 394–398.
Jiménez, J. E., Gove, A., Crouch, L., & Rodríguez, C. (2014). Estructura interna y baremación de la adaptación española del EGRA (Early Grade Reading Assessment) para la evaluación temprana de la lectura. Psicothema, 26(4), 531–537. https://doi.org/10.7334/psicothema2014.93
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.
Mulyati, Y. (2014). Hak i k at Ke t e r am p i l an Ber b ah asa. Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1–34.
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.
Rosmidar, R., & Darwis, U. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Lipat Kajang Bawah. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(2), 33–48. https://doi.org/10.51178/ce.v3i2.796
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. DEEPUBLISH.
Zubaidah, E. (2013). Kesulitan Membaca Permulaan. In Kesulitan Membaca Permulaan.