UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI MENDONGENG DI TK IGTKI PGRI HARAPAN BANGSA KABUPATEN PANGKEP
Keywords:
Perkembangan Moral, MendongengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media edukatif boneka tangan. Jenis penelitian yang digunakana dalan pendekatan penelitian tindakan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling sehingga diperoleh sebanyak 14 orang anak dari jumlah keseluruhan siswa kelas A di TK IGTKI PGRI Harapan Bangsa Kabupaten Pangkep. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket observasi. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa dari tingkatan penelitian siklus I dan siklus II dapat dijabarkan keberhasilan meningkatkan perkembangan moral anak melalui mendongeng sebagai. Sikap positif anak dalam mengikuti kegiatan terjadi penngkatan, yaitu 16,1% pada kondisi awal, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 54%, setelah diadakan siklus II meningkat 85,7%. Sedangkan pada sikap positif rendah berkurang dari kondisi awal 54% pada kondisi awal, setelah dialakukan siklus I berkurang 21%, dan setelah dilaksanakan siklus II berkurang 7,1%. Jadi, kondisi awal masih banyak anak yang belum memahami baik buruk dari perbuatan yang mereka lakukan. Dari permasalahan tersebut dilakukanlah tindakan untuk mengubah sikap perilaku anak ke arah yang lebih baik melalui kegiatan mendongeng yang berisikan pesan moral yang mendidik. Keberhasilan yang di capai pada siklus II ini jauh lebih baik untuk itu peneliti tidak melanjutkan pada siklus berikutnya.
References
Ahyani, Latifah Nur. 2010. ‘Metode dongeng dalam meningkatkan perkembangan kecerdasan moral anak usia pra sekolah. Kudus: Universitas Sunan Muria Kudus’. Dalam Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus Vol I.
Althof W Dan Berkowitz M.W. 2006. ‘Moral Education And Character Education:Their Relationship Dan Roles In Citizenship Education. USA:University Of Missouri-St. Louis’. Dalam Journal Of Moral Education Vol. 35 No. 4
Ardini, Pupung Puspa. 2012. ‘Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7–8 Tahun. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo’. DalamJurnal Pendidikan Anak Vol 1 Edisi 1.
Bimo. 2013. Mahir Mendongeng Membangun Dan Mendidik Anak Melalui Cerita. Yogyakarta: Pro`U Media.
Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. Terjemahan Lina Yusuf. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Budiningsih, Asri C. 2004. Pembelajaran moral berpijak pada karakteristik siswa dan budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.
Bentri, Alwen. 2015. Usulan Penelitian Untuk Peningkatan Kwalitas Pembelajaran. Padang: LPTK UNP.
Danadjaja, James. 1991. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, Dll. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.
Daroeso, Bambang. 1986. Dasar dan konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Edraswara, Suwardi. 2006. Budi Pekerti Jawa Tuntunan Luhur Dari Budaya Adiluhung. Yogyakarta: Buana Pustaka.
Hendri. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi ke Lima. Terjemahan Istiwijayanti Dan Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Itadz. 2008. Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Juwariyah, Siti. 2016. ‘Membangun Karakter Positif Pada Anak Usia Dini Melalui Dongeng’. Makalah disajikan dalam Lomba Simposium Guru Tingkat Nasional, Dinas Pendidikan Kendal, 16 November.
Kemendiknas Tahun 2010 Tentang Pendidikan Karakter. Kepres No. 36 Tahun 1990 Tentang Ratifikasi Convention On The Right Of The Child Tahun 1989.
Kinnier, Richard T., Jerry I Kerners., and Theres M Daughteribes. 2000. ‘A Short
List Of Universal Moral Values. United Nation: Arizona State University’ dalam Counseling and Values Vol. 45 October 2000 Pp 4 – 16.
Lorezia, Nonik. 2015. kampung dongeng.
Moleong, Lexy.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Muchson, Ar dan Samsuri. 2013. Dasar–dasar pendidikan moral basis pengembangan pendidikan karakter. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rachman, Maman. 2015. 5 Pendekatan Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka.
Santrock, John W. 2012. Life – Span Developmen Perkembangan Masa Hidup.
Edisi Tiga Belas. Terjemahan Benedictine Wisdyasinta. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Sjarkawi. 20011. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suparno. 2007. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Suseno, Frans Magnis. 2006. Etika Dasar, Masalah – Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Sutaplove. 2012. Blognya Sutaplove:Kampung Dongeng Poci Tegal Door To Door.
Undang – Undang No. 25 Tahun 1997 Tentang Ketenaga Kerjaan.
Undang – Undang No. 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan.
Undang – Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Undang – Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Bangsa Berperadaban. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.