PERANAN INOVASI PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF

Authors

  • Susilo Surahman UIN Raden Mas Said Surakarta

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik Dosen, Manajemen Pembelajaran

Abstract

Dalam dunia pendidikan, terutama pada pendidikan Islam, peningkatan kualitas pembelajaran menjadi suatu kebutuhan yang terus menerus harus diperbaharui dan ditingkatkan. Artikel jurnal ini bertujuan untuk mengkaji peranan inovasi pembelajaran sebagai mediator dalam hubungan antara kompetensi pedagogik dosen dan manajemen pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap dosen-dosen di beberapa institusi pendidikan Islam. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji peran mediasi inovasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dosen memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas manajemen pembelajaran. Lebih lanjut, inovasi pembelajaran berperan secara signifikan sebagai mediator dalam hubungan antara kompetensi pedagogik dosen dan manajemen pembelajaran yang efektif. Temuan ini menegaskan pentingnya mengembangkan dan menerapkan strategi inovatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Inovasi pembelajaran tidak hanya dapat meningkatkan keefektifan pengajaran, tetapi juga memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih komprehensif. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan profesional dosen dan pengelolaan pendidikan di institusi pendidikan Islam. Dengan mengintegrasikan inovasi pembelajaran dalam strategi pedagogik, dosen dapat lebih efektif dalam mengelola pembelajaran dan memaksimalkan potensi mahamahasiswa. Kajian ini juga menawarkan wawasan bagi pengambil kebijakan dalam merancang program pengembangan dosen yang mendukung penerapan inovasi pembelajaran sebagai bagian dari kompetensi pedagogik.

References

Abi Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning dalam mata kuliah manajemen sistem informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181–187.

Al Yakin, A. (2019). Manajemen kelas di era industri 4.0. Jurnal Peqguruang Conference Series, 1(1), 11–15.

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka pasca pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873.

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Ekawati, T. (2017). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Uin Raden Fatah Palembang.

Iqbal, M., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. M. (2018). Penggunaan google forms sebagai media pemberian tugas mata kuliah pengantar ilmu sosial. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120–127.

Islamudin, A. S., Khairullah, M. H., Nashir, M., & Inayati, N. L. (2024). TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH SANGEN. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1).

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.

Muhammad, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Strategi Manajemen Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Kontemporer. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(2), 41–46.

Mustari, M. (2022). Manajemen pendidikan di era merdeka belajar. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurwahidah, I., & Muhtar, T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 5692–5699.

Rahayu, S. (2017). Technological pedagogical content knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 9, 1–14.

Rukajat, A. (2018). Manajemen pembelajaran. Deepublish.

Setyaningsih, E., Purnomo, S. C., Shiddiq, M., Tobing, J. L., Listiyanto, Z., Dhamayanti, K. I., Jihanto, M. V. N., Seran, V. L., Syafitri, N. A. A., & Saputra, H. (2023). Inovasi Teknologi dan Sosial: Untuk Kinerja Bank Sampah Guna Mendukung Gerakan Yogyakarta Zero Sampah. Asadel Liamsindo Teknologi.

Silvanus, J., & Ridwan, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Praktikum dengan Google Sites Berbantuan Quizstar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Era Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 155–163.

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408.

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Susilo Surahman. (2024). PERANAN INOVASI PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 97–105. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/240

Issue

Section

ARTICLES