PENGARUH MEDIA PROPROFS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Keywords:
Media Proprofs, Hasil Belajar, Eksperimen SemuAbstract
Salah satu pengaruh besar teknologi dalam bidang pendidikan adalah munculnya terobosan-terobosan baru yaitu mulai memanfaatkan jaringan komputer dan internet dalam proses pembelajaran yang sering disebut dengan e-learning atau pembelajaran elektronik. E-learning merupakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan media atau layanan dengan menggunakan perangkat elektronik baik berupa perangkat audio, video, komputer atau kombinasi ketiganya. Fokus terpenting dalam elearning adalah proses pembelajaran itu sendiri, bukan pada “e” (elektronik), karena elektronik hanya sekedar alat. Salah satu cara untuk menunjang keberhasilan siswa adalah dengan penggunaan media pembelajaran berbasis interaktif. Penggunaan media pembelajaran interaktif dinilai dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Peneliti memilih menggunakan media proprofs untuk menunjang pembelajaran yang sebelumnya hanya berbasis konvensional. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media proprofs terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen/quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pemberian pretest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media proprofs, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Setelah diberikan treatment, diberikan posttest pada kedua kelas. Subyek penelitian ini adalah kelas VII dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang sampelnya diambil dengan menggunakan teknik random sampling.
References
Astiti, Kadek Ayu. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Andi.
Budyastomo, A. W. (2019). Survei Kepuasan Mahasiswa Iain Salatiga Terhadap Penggunaan Aplikasi Proprofs Sebagai Media Pembelajaran Online. 2018, 76–80
Chabibie, M. H., & Hakim, W. (2016). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web : Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 37–59. https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/943/676
Fadillah, D. (2021). Penerapan e-learning di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana (PPS) Universitas PGRI Palembang 2021, 134–141. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5500
Komariah, E., Erdiana, N., & Mutia, T. (2020). Communication strategies used by EFL students in classroom speaking activities. International Journal of Language Studies, 14(3), 27–46.
Komputer, Wahana. (2014). Mobile App Development With PhoneGap, Andi Publisher, Indonesia.
Nurjanah, N., Paridah, A. N., Susilawati, D., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Website Proprofs Brain Games Untuk Mengukur Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Pai Kelas V Sd. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 65–81. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.5758
Nuryadi. Astuti, T. D., Utami, E. S., Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Ruang, J. B., & Sd, D. I. (2023). Program studi pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas islam sultan agung 2023.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Susanto, A. (2013). Teori belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo
Trimawartinah. 2020. Bahan Ajar Statistik Non Parametrik. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Wijayati, P. H., Hidayat, E., Ardiyani, D. K., Afifah, L., Fitrisia, T. C., Putri, A. L. S., & Novitasari, A. (2021). Proprofs: Platform Asesmen Daring Pilihan Ganda, Hotspot, Dan Game Hangman. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 191. https://doi.org/10.17977/um078v3i22021p191-205.