PENGARUH FUN LITERACY ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Fun Literacy Activity, Keterampilan Membaca, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa sehingga membuat keterampilan serta kemampuan membaca siswa menurun. Rendahnya minat baca juga didasari oleh kurangnya inovasi pembelajaran literasi sehingga membuat peserta didik merasa tidak tertarik melaksanakan literasi, sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari fun literacy activity terhadap keteampilan membaca siswa. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif deskriptif metode eksperimental research menggunakan desain penelitian one group research design prestes-postest kemudian subjek penelitian siswa kelas 4 sekolah dasar sebanyak 32 siswa, data dikumpulkan melalui pelaksanaan tes dan observasi yang kemudian dikaji menggunakan analisis statistik SPSS v.26. hasil yang ditunjukkan oleh analisis statistik SPSS Versi 26 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000265 yang dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdepat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa melalui Fun Literacy Activity.
References
Amri, S. and Rochmah, E. 2021. “Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 13(1), 52–58.
Awaliah, G.R.A.Y. 2022. Permainan Edukatif (Engkle Kalimat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Sukamanah 02 Kec. Jasinga, Kab. Bogor.
Ekowati, D.W., Astuti, Y.P., Utami, I.W.P., Mukhlishina, I. and Suwandayani, B.I. 2019. “Literasi numerasi di SD Muhammadiyah”. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(1), 93-103.
Fitrianingsih, R. and Musdalifah, M. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu”. Fashion and Fashion Education Journal. 4(1).
Hermawan, R., Rumaf, N. and Solehun, S. 2020. “Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong”. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 2(1), 56-63.
Hidayati, D.N., Kumalasari, G. and Riswandani, A. 2023. “Definisi Pembelajaran Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Pengenrejo 2”. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(2), 51-58.
Jayanti, M.I., Nurfathurrahmah, N., Ariyansyah, A. and Suryani, E. 2022. “Penguatan Literasi Sains Melalui Permainan Edukatif Pada Siswa Kelas VI SDN 37 Kendo Kota Bima”. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1), 39–46.
Kasiyun. and Suharmono. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa”. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. 1(1), 79-95.
Maulidina, M.A., Susilaningsih, S. and Abidin, Z. 2018. “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. 4 (2), 113-118.
Nurahmah, S.S., Barkah, B. and Adela, D. 2023. “Penerapan Fun Literacy untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa SDN Sawahlega”. Jurnal Basicedu. 7(5), 3212-3227.
Rosidah, C. T. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kritis. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 38-43.
Susiloningsih, W. (2020). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Kajian Analitis Dalam Prespektif Filsafat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1).
Teguh, M. 2013. Gerakan Literasi Sekolah Dasar.
Utami, N.P. and Yanti, P.G. 2022. “Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. 6(5), 8388-8394.
Yesifa, H.K. 2018. Pengaruh Program Literasi Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponorogo, IAIN Ponorogo.
Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.