PENGARUH MEDIA DIGITAL WORDWALL BERBASIS WEB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Octavia Universitas PGRI Adi Buana
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana

Keywords:

Media Digital Wordwall, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan semangat belajar peserta didik. Dengan penerapan media digital digital Wordwall berbasis Web merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar maupun alat penilaian yang menarik bagi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh media digital Wordwall berbasis Web terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 40 orang terdiri dari kelas IV-A dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV-B dengan jumlah siswa 20 orang sebagai kelompok kontrol, teknik sampling Cluster Random Sampling. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran dengan menggunakan media digital wordwall. Instrumen pengukuran data menggunakan tes berpikir kritis berupa soal-soal materi bagaimana mendapatkan semua kebutuhan kita kelas IV. Analisis data menggunakan uji-t Independent Samples Test. Berdasarkan hasil analisis berbantuan SPSS yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai signifikansi (0,001) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran dengan media digital wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Simpulan dan saran dari hasil penelitian ini memberikan gambaran penggunaan media digital wordwall dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi yang diajarkan dan diharapkan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Dinda Oktavia Pratiwi. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Padlet dan WordWall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bfs

Fanani, Achmad, W. S. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University Press.

Handayani, A. G. Q. (2023). Pengaruh ModelProject Based LearningBerbantuan Wordwallterhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MateriGaya Gravitasipada Kelas IV SDN Ciracas 10 Pagi. 867–874. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1445

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2001, 158–164.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452–457.

Prastyo, D., Satianingsih, R., Sulistyowati, I., Catur, B. S. (2022). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar, VI(November), 1–15.

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 957.

Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 5877–5889.

Zaidatul, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. 225–235.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Eka Octavia, & Rarasaning Satianingsih. (2024). PENGARUH MEDIA DIGITAL WORDWALL BERBASIS WEB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 125–132. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/243

Issue

Section

ARTICLES