PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 2 MEDAN
Keywords:
Sosial Media, Prokrastinasi, AkademikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Sosial Media terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI, dengan jumlah keseluruhan 432 siswa,penelitian ini mengambil sampel 17% dari jumlah populasi sekitar 432 diperoleh ukuran sampel sebesar 32,0360702 atau dapat diganjilkan menjadi 33 sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan sosial media terhadap prokrastinasi akademik siswa. Pengaruh nyata juga didapatkan bahwa F hitung = 16,553 dengan tingkat signifikansi / probabilitas 0.00 < 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel prokrastinasi akademik. dalam penelitian ini dinyatakan “terdapat pengaruh penggunaan sosial media terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMA Negeri 2 Medan”.
References
Afrilianingtias, D. (2021). Pengaruh Kecanduan Gadget terhadap Prokrastinasi Akademik siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. Skripsi.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Ariwaseso, A. (2011). Pengukuran Prestasi Belajar. Bumi Aksara.
Azwar, S. (2003). Sikap Manusia ,Teori dan Pengukuran (Edisi I). Pustaka Medika.
Azwar, S. (2011). Tes Prestasi: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Pustaka Pelajar.
Chaidar. (2014). Perubahan Pola Pembelajaran dalam Sistem Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pendidikan, 1(1), 10–20.
Dantes, N. (2012). Hypothesis Testing. PT Gramedia Pustaka Utama.
Djaali. (2007). Motivasi Sebagai Daya Belaja. Gramedia.
Fau, Y. T. V. (2020). Perbedaan Pertumbuhan Tanaman Sawi Sendok (Pokcoy) Pada Media Tanam Hidroponik dan Media Tanam Tanah di Desa Hilinamozaua Raya Kecamatan Onolalu Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 267– 267.
Fauziyyah, L. R., & Trigartanti, T. (2007). Pengaruh Penggunaan Media Massa terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 5(1), 61–71.
Fawri, A., & Neviyarni, N. (2021). Konsep Manajemen Bimbingan dan Konseling. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 196-202.
Fawri, A., & Syukur, Y. (2022). The Effectiveness of Content Mastery Services With Jigsaw Type Cooperative Learning Models to Improve Students' Interpersonal Communication Skills. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 3(2), 22-30.
Ganistyara, V. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Instagram terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Salatiga. Skripsi.
Ghaida, S. (2019). Pengaruh Smartphone Addiction terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Skripsi.
Ghufron, & R. (2012). Teori–Teori Psikologi. AR-Ruzz Media.
Hamdi, M., & Bahruddin, A. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Pustaka Pelajar.
Hayati, R., & Sari, D. N. (2022). Pkm Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran Daring untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 382–384. https://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/872%0Ahttps://www.e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/download/872/848
Hayati, R., Lubis, W. U., & Harahap, J. Y. (2022). Hubungan Penyesuaian Diri dan Kontrol Diri dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 486–591.
Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Hidayat, W. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
Hutasuhut, D. H., & Fadlan, M. N. (2023). Mengurangi Penyebab Plagiat pada Tugas Akhir Semester Melalui Bimbingan Kelompok Mahasiswa BK Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah. Journal on Education, 5(2), 3023–3027. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.954
Ika Sandra Dewi, L. H. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka T.A 2021/2022. 3(2), 119–135.
Ika Sandra Dewi, Y. W. (2022). Hubungan Antara Interaksi Sosial dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantan Cuaca Tahun Ajaran 2021/2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.51178/invention.v3i1.880
Kaplan, A.M. & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Balai Pustaka.
Laia, B. (2019). Improving The Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Journal of English Language Teaching, 4(1), 1–9.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162–168.
Laia., B. (2018). Kontribusi Motivasi dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70.
Racmahana. (2002). Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa”. Jurnal Psikodimensia. 1 (2).
Rasyida. (2017). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 50(1), 63–74.
Riduwan. (2014). Skala Likert untuk Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Rumiani, R. (2006). Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stress Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 3(2), 128–210.
Santrock, J. . W. (2009). Psikologi Pendidikan Educational Psychology Edisi 3 Jilid 2. Salemba Humanika.
Saragih, N. A., Ariani, F. D., & Dewi, I. S. (2023). Pengaruh Insomnia terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MTSs Al Washliyah Tanjung Morawa. Psikologi Konseling, 21(2), 1980. https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.42105
Sari, D. N. (2013). Hubungan Antara Stress terhadap Guru dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta”. Naskah Publikasi. Universitas Ahmad Dahlan.
Smith, J., Petrovic, P., Rose, M., De Souz, C., Muller, L., Nowak, B., & Martinez, J. (2021). Placeholder Text: A Study. The Journal of Citation Styles, 3. https://doi.org/10.10/X.
Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Pt Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. IKAPI.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suherli. (2007). Metode Penelitian Sosial. Pustaka Setia.
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1, 47-60).
Tahir, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. PT Refika Aditama.
Telaumbanua, K. (2016). Konsep Dasar Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 49.
Tilaar, H. A. R. (2002). Visi Baru Pendidikan Nasional. Grasindo.
UMN AL Washliyah (2022). Pedoman Pendidikan Nasional. Grasindo.