PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Problem Solving, Keterampilan SosialAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ada di SMK Negeri 1 Perbaungan menunjukkan rendahnya Keteraaampilan Sosial siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini dapat berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa seluruh kelas XI sebanyak 105 siswa, sedangkan sampelnya pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, jadi sampelnya berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri data pre test dan post test. Uji Hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (Uji t) berdasarkan pengelolaan data akhir (post test) di peroleh nilai rata-rata 135,90 sedangkan pre test 105,50 . Hasil uji Hipotesis uji t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi 5%, maka (thitung> ttabel atau 2,981> 2,262), ini berarti uji hipotesis uji t adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving memberikan pengaruh terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2022/2023.
References
Antara, H., Asuh, P., Dengan, O., Diri, K., Kelas, S., Susianti, N., & Hutasuhut, D. H. (n.d.). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Apriyani, N., & Dewi, I. S. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Azmi Saragih, N., Dwi Ariani, F., Sandra Dewi, I., & Muslim Nusantara Al Washliyah, U. (2022). Pengaruh Insomnia Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa MTSs Al Washliyah Tanjung Morawa. In Jurnal Psikologi Konseling (Vol. 21, Issue 2).
Azwar, S. (2003). Sikap Manusia ,Teori dan Pengukuran (Edisi I). Pustaka Medika.
Corey. (2012). Theory and Practice of Group Counseling. United State: California State University.
Denham, S. A., & Brown, C. A. (2010). Plays nice with others": Social emotional learning and academic success. Early Education and Development, 21(5), 652–680.
Fawri, A. (2021). Human Dignity in the Counseling Perspective. Altruistik: Jurnal Konseling Dan Psikologi Pendidikan, 1(1).
Fawri, A., & Syukur, Y. (2022). The effectiveness of content mastery services with Jigsaw Type Cooperative Learning Models to improve students’ interpersonal communication skills. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 3(2), 22–30.
Fitriani, E. (2017). MENGONTROL EMOSI SISWA DENGAN BANTUAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 2).
Fitriani, E. (2018). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian.
Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i2.3665
Hermanita, W., Asyah, N., & Lisma, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Disscussion (FGD) Terhadap Etika Berkomunikasi Siswa SMK Negeri 1 Perbaungan. Empathy: Guidance and Counseling Journal, 1(1). http://www.talkingquality.gov/docs/section5/5_3.htm#Fokus%20Group%20different
Hidayati Hutasuhut, D., & Utami Lubis, W. (2023). This work is licensed under Creative Commons Aribution License 4.0 CC-BY International license Sosialisasi Etika Dalam Pergaulan. 1(6). https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Hutasuhut, D. H., Fadlan, M. N., & Yarshal, D. (2023). Mengurangi Penyebab Plagiat pada Tugas Akhir Semester Melalui Bimbingan Kelompok Mahasiswa BK Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah. Journal on Education, 5 (2), 3023–3027.
Ika Sandra Dewi, I. F. (2001). Layanan Informasi Dengan Metode Problem Solvingbagi Guru Dalam Meningkatkan Kesiapankerja Siswa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 202, 2621–5268.
Ika Sandra Dewi, Y. W. (2022). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantan Cuaca Tahun Ajaran 2021/2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.51178/invention.v3i1.880
Illiyyin, Z. (2019). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Social Problem Solving Pada Remaja.
Janah, M. (n.d.). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas xii sma negeri 7 bandar lampung. Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung.
Lubis, L. (2011). Landasan Formal Bimbingan Konseling di Indonesia. Ciptapustaka Media Perintis.
Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162–174.
Motivasi, T., Siswa, B., Pembelajaran, S., Kelas, O., Di, V., Rk, S., Deli, D. M., Nazariah, T., & Dewi, I. S. (2023). Pengaruh Layanan Informasi Melalui Metode Reward and Punishment. Indonesian Counseling and Psychology, 3(Juni), 47–53. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ergasia/index
Motivasi, T., Siswa, B., Sma, D., Washliyah, A., Morawa, T., Hasibuan, R. M., & Dewi, I. S. (n.d.). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Homeroom.
Nasution, S. (2016). Metode Research (MetodeIlmiah). BumiAksara. Noor, J. (2011). Meteode Penelitian. Kencana.
Nurbaini, S., Asyah, N., & Dewi, I. S. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Kelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan. In Journal Research and Education Studies (Vol. 4, Issue 1).
Nursalim, M. dan S. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Unesa University Press.
Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Prayitno. (2017). Konseling profesional Yang Berhasil. Pt Raja Grafindo Persada.
Rachmah, H. (2018). Berpikir Sosial & Keterampilan Sosial. CV Alfabeta.
Rifai, Y. A., & Dewi, I. S. (2023). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Tingkah Laku Siswa Kelas X Perhotelan SMK Negeri 1 Beringintahun Ajaran 2021/2022. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 4, Issue 1). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Rizky Ayu, Syahfitri Purba1, R. H. (2023). Hubungan Konformitas Dengan Perilaku Prososial Siswa Di SMP RK. Deli Murni Delitua. Journal Research and Education Studies, 4 (1), 36–44.
Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Universitas Negeri Malang.
Rosida, A. (n.d.). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kediri.
Setianingsih, E. S. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2)(3).
Sugiono. (2012). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Cet. ke-15. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. IKAPI.
Thalib, S. B. (2013). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Madrasah. Rajawali Persada. Wulandari, S. (2018). Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2018-2019. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Utami Lubis, W. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. In Journal Research and Education Studies (Vol. 3, Issue 2).
Yoga Wijaya, I. S. D. (2022). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Pantan Cuaca Tahun Ajaran 2021/2022. Journal Research and Education Studies, 3, 107–113.
Zahra, S. F., & Lubis, W. U. (n.d.). ALACRITY : Journal Of Education Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity