PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN SELF MANAGEMENT DALAM BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Layanan Bimbingan Kelompok, Diskusi, Self-ManagementAbstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan self management dalam belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode Penelitian ini adalah metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 1 Perbaungan tahun pembelajaran 2022/2023. Adapun yang menjadi populasi penelitian terdiri dari satu jurusan sebanyak 70 siswa. Teknik Pengambilan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Teknik diskusi. Dengan sampel sebesar 10 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah disimpulkan bahwa terjadi peningkatan secara positif pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap Self Management. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan pengukuran self management pada siswa dengan menyebarkan angket sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok ( Pre-test) dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok ( Post-test), jumlah siswa bimbingan kelompok 10 orang. Hasil pemberian (Pre-test) pada bimbingan kelompok diperoleh rata-rata 18,46 sedangkan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi (post-test) diperoleh rata-rata bimbingan kelompok pada siswa ialah artinya rata-rata self management siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok (18,46>2,262). Bedasarkaan hal ini semakin sering dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Diskusi maka akan semakin baik Self management siswa. Maka “Ada pengaruh yang positif antara Pengaruh Layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan self management siswa dalam belajar SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Pelajaran 2022/2023.
References
Abu Bakar M. Luddin, 2010, Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik, Bandung : Citapustaka.
Abu Bakar M. Luddin. 2012. Konseling Individual dan Kelompok Aplikasi dalam Praktik Konseling. Medan : Cipta pustakan Media Perintis.
Ahmad Juntika N, 2005, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung : Refika Aditama.
Amalia D, Dkk. 2016. Profil Komitmen Belajar Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Taruna Bhakti Depok. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling 5(1)
Anik Supriyati. 2013. Upaya Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Semarang : UMS
Arikunto S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Dapartemen Agama RI, 2010, Al-Qur’an dan Terjemah, Bandung:Gema Insani.
Desy Iba Ricoida dan Desi Pibriana. 2016. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat dan Perilaku Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.
Faiqotul Isnaini, Taufik. 2014. Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Surakarta : UMS.
Fajriani. 2016. Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa: Studi Kasus di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pencerahan Volume 10, Nomor 2.
Gantina, K dan Karsih E W, 2016, Teori Dan Teknik Konseling, jakarta : PT.Indeks.
Ghufron M N dan Rini RS, 2014, Teori-Teori Psikologi, Jgogjakarta : Ar Ruzz Media.
Gunarsa S, 2004, Konseling dan Psikoterapi, Jakarta : Gunung Mulia.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Analisis Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Autisme Di Yayasan Harapan Mulia Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Evita Sari Dalimunthe, K., & Muhammad Syahbudi. (2023). Jurnal mudabbir. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20.
Fauzi, I., & Dewi, I. S. (2020). Kemampuan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Penganggaran Akuntansi Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Hasil Penelitian Universitas Sultan Zainal Abidin.
Fitriani, E., Nurasyah, N., Putri, R. F., Johannes, J., & Suprianto, S. (2022). Meningkatkan Hubungan Sosial Mahasiswa Dengan Pendekatan Layanan Konseling Kelompok. Guidance, 19(01), 9–17. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i1.1858
Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v2i2.3665
Helmalia, P., & Asyah, N. (2021). Hubungan Self Management Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Satria Dharma Perbaungan T.A 2021/20222. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Ika Sandra Dewi, Y. W. (2022). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantan Cuaca Tahun Ajaran 2021/2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.51178/invention.v3i1.880
Sundari, & Asyah, N. (2022). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playingterhadap komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Islam , 4(1), 12–20.
Syaimi, K. U. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X SMK Triguna Utama Ciputat. Journal of Modern African Studies, 35(17), 2104.
Котлер, Ф. (2008). No TitleМаркетинг по Котлеру. 282.
Hadari Nawawi, Mimi Martini, 1996. Penelitian Terapan Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Listyanto, Dwi Anggoro. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi – 293
Lubis, Saiful Akhyar. 2015. Konseling Islami. Bandung : Citapustaka Media
Manumpil Beauty, dkk. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. ejoural Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2.
Miskahuddin. 2017. Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Minat Belajar Mahasiswa. Volume 7, Nomor 2.
Nurdjana Alamri. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah. Jurnal Konseling GusjigangVol. 1 No. 1.
Nursalim M, 2013, Strategi dan Intervensi Konsleing,Jakarta : Akademia Permata.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta : PT RajaGrafindo. Prayitno dan Erman Amti, 2009, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling,Jakarta : Rineka Cipta.
Rismanto. 2016. Meningkatkan Self Management dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Vol. 2, No. 1.
Sani, R.A, dkk. 2018. Penelitian Pendidikan. Tanggerang : Tira Smart.
Shalihah I. 2017. Implementasi Teknik-Teknik Motivasi dalam Pembelajaran pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 33 Banda Aceh. FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, 41-47
Sudjana. 2010. Metode Statistik. Bandung : PT Parsito
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif & RND, Bandung :
Sukardi, D.K. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi, D.K. 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Syaukani. 2017. Metodologi Penelitian Pedoman Praktis dalam Bidang Pendidikan. Medan. Perdana Publishing.
Tohirin, 2007, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi, Jakarta: Raja Grafindo.
Trio Isnansyah Marwi dan Sutijono, M.M. 2012. Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri (Self-Management)Untuk Mengurangi Tingkat Kemalasan Belajar pada Siswa Kelas VIII E MTS Al Rosyid Dander- Bojonegoro.Jurnal Psikologi Pendidikan dan bimbingan Vol. 13. No.1
Wina Sanjaya, 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur Jakarta: Kencana.
Winkel,W.S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Yogyakarta: Media Abadi.
Yusrina, risky. 2016. Meningkatkan interaksi sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Diversita. Volume 2, No. 2.