ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM CHALK N DUSTER
Keywords:
Nilai-nilai PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film “Chalk N Duster”. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini diambil dari film Chalk N Duster dan dokumen-dokumen, data-data, serta buku-buku yang berkaitan dengan fokus penelitian. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (content analysis) yaitu suatu cara memperoleh kesimpulan dan gambaran melalui penemuan karakteristik suatu informasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 12 pendidikan karakter dalam film Chalk N Duster adalah sebagai berikut : (1) kejujuran, (2) religious, (3)toleransi, (4) kerja keras, (5) rasa ingin tahu, (6) Bersahabat atau komunikatif, (7) cinta damai, (8) Peduli sosial, (9) kreatif, (10) demokratis, (11) menghargai prestasi dan (12) bertanggung jawab.
References
Agus, Wibowo. 2013. Managemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasbullah, 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Heri, Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja. Rosda Karya
Mulyasa, 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta Bumi Aksara
Mustari, Mohamad. 2014. Karakter Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tariq Ramadan. 2010. The Quest for Meaning Development a Philosophy of Pluralism. London: The Pinguin Group