ANALISIS PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DALAM MENERAPKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL

Authors

  • Iwan Setiawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Pendidikan,, Menegah dan Kejuruan,, Kebijakan Nasional

Abstract

Kebijakan pendidikan nasional di Indonesia telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses ke pendidikan menengah dan kejuruan. Namun, implementasi kebijakan tersebut menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dan kurangnya dukungan dari pihak terkait. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya fasilitas dan infrastruktur, kurangnya dukungan keuangan, dan kurangnya kesesuaian antara kurikulum dan kebutuhan pasar kerja. Selain itu, diperlukan penguatan peran pemerintah dan kerjasama yang erat antara pemerintah, industri, dan institusi pendidikan untuk memperbaiki implementasi kebijakan pendidikan menengah dan kejuruan di Indonesia.

References

Djatmiko, I. W. (2003). Inkonsistensi Penyelenggaraan Pendidikan SMA dan SMK Istanto W. Djatmiko 1. 1–7.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12. https://doi.org/10.1109/ICMENS.2005.96

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di

Indonesia, (Jakarta : Pranada Media, 2004).

Departemen Agama RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan , (Surabaya : Departemen Agama, Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur, 2005).

Departemen Agama RI, Peraturan Menteri Agama RI Nomor 37 tahun 1993 tentang

Madrasah Aliyah Keagamaan, (Jakarta : Departemen Agama, 1993 )

Departemen Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan , (Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, 2006).

Hamid, Dedi, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional, (Jakarta : Durat Bahagia, 2003).

Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, (Jakarta : Prenada Media, 2004).

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah,

Madrasah dan Perguruan Tinggi, (Jakarta : Raja Grafindo, 2005).

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis , (Jakarta : Prenada Media, 2004) Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ,

(Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007).

Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 1989, Undang-Undang tentang Pendidikan

Nasional, (Semarang : Tugu Muda, 1989).

Undang-Undang Sisdiknas, UU No. 20 Tahun 2003, (Jakarta : Departemen Agama RI, 2003).

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku Saku Statistik Pendidikan 2016/2017. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyasa, E. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Implementasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S. (2014). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2018). The Challenges of Technical and Vocational Education in Indonesia. Journal of Technical Education and Training, 10(2), 1-9.

Bappenas. (2018). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2019-2024. Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kemenristekdikti. (2016). Buku Putih Pendidikan Tinggi 2016. Jakarta: Kemenristekdikti.

Setiawan, B. (2017). Pendidikan Kejuruan di Indonesia: Kebijakan, Implementasi, dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 1-10.

Yusuf, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pendidikan Menengah dan Kejuruan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kebijakan dan Perkembangan, 2(2), 77-85.

Anwar, K., & Hidayat, A. (2019). Implementation of Education for Sustainable Development in the Indonesian National Education Curriculum. Journal of Sustainable Development, 12(3), 1-11.

Haryanto, A., & Sari, Y. K. (2018). The Impact of School Principals' Leadership Styles on Teachers' Job Satisfaction in Indonesian Junior High Schools. Journal of Education and Practice, 9(1), 1-10.

Kurniawan, D. Y., & Susilo, A. (2019). Perceptions of Indonesian EFL Students on Using Online Video Streaming in Learning English. English Language Teaching, 12(5), 1-9.

Saptarini, N. M., & Karyanto, P. (2017). Developing Authentic Assessment for Indonesian EFL Classroom. Journal of Language Teaching and Research, 8(3), 452-459.

Suprayitno, E., & Faisal, F. (2020). The Effect of Project Based Learning Model on Mathematics Learning Outcomes in Indonesian Junior High Schools. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 1-7.

Iskandar, J. (2012). Kapita Selekta teori Administrasi Negara. Bandung: Puspaga.

Thoha, M. (2012). Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Haerul, Akib, H., & Hamdan. (2016). Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa di Kota Makassar . Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 21-34. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/iap/article/view/2477/1272

Wahyudi, A. (2016). Implementasi rencana strategis badan pemberdayaan masyarakat dan desa dalam upaya pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Kotawaringin Barat. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik , 2(2), 101-105. Retrieved from http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/jiap/article/view/566/851

Godin, R. E., Rein, M., & Moran, &. M. (2006). The Public and its Policies. In M. Moran, M. Rein, & R. E. Goodin, The Oxford Handbook ff Public Policy (pp. 3-35). New York: Oxford University Press

Freeman, R. (2006). Learning in Public Policy. In M. Moran, M. Rein, & R. E. Goodin, The Oxford Handbook of Public Policy (p. 367). New York: Oxford University Press.

Thoha, M. (2012). Dimensi-dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahab, S. A. (2010). Pengantar Analisis Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Iwan Setiawan, & Anis Fauzi. (2023). ANALISIS PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DALAM MENERAPKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 190–205. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/25

Issue

Section

ARTICLES