PENILAIAN DIRI (SELF-ASSESSMENT) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS
Keywords:
Penilaian Diri, Pembelajaran MenulisAbstract
Proses pembelajaran dan penilaian merupakan dua aspek yang saling terkait; namun, karena pengajaran menulis di Indonesia lebih berfokus pada produk, sehingga hasil karya peserta didik tersebut dievaluasi lebih berfokus berdasarkan nilai produk akhir tulisan peserta didik daripada pengembangan tulisan mereka. Penilaian diri merupakan salah satu alternatif yang digunakan tidak hanya untuk menilai hasil belajar peserta didik akan tetapi memantau kemajuan peserta didik di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di sebuah Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian diri diterapkan di dalam pembelajaran menulis dan bagaimana persepsi peserta didik terhadap penerapan penilaian diri tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini yang berfokus pada studi kasus karena penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan penilaian diri dalam pembelajaran menulis. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data tersebut dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan penilaian diri peserta didik dalam tiga langkah; pra-menulis, selama menulis dan pasca-menulis. Selain itu, setelah dilakukan penilaian diri dalam pembelajaran menulis, respon peserta didik terhadap penilaian diri adalah positif. Oleh karena itu, temuan menunjukkan bahwa peserta didik terbantu untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keyakinan peserta didik akan kemampuan dan kesadaran mereka untuk belajar, manajemen waktu, kemandirian dan keterlibatan dengan melakukan penilaian diri. Kesimpulannya, para guru menggunakan penilaian dalam pembelajaran menulis dengan sukses.
References
Bjork, R. A. (1999). Assessing our own competence: Heuristics and illusions. In D. Gopher & Koriat (Eds.), Attention and performance XVII. Cognitive regulation of performance: Interaction of theory and application (pp. 435-459). Cambridge, MA: MITPress.
Boud, D. (2000). Sustainable assessment: Rethinking assessment for the learning society. Studies in Continuing Education, 22, 151-167.
Brown, H. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. New York: Longman.
Butler, Y. G., & Lee, J. (2010). The effects of self-assessment among young learners of English. Language Testing, 27(1), 5–31. https://doi.org/10.1177/0265532209346370
Dickinson, L. (1987). Self-Instruction In Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Dinther, M., Dochy, F., & Segers, M. (2015). The contribution of assessment experiences to student teachers' self-efficacy in competence-based education. Teaching and Teacher Education, 49, 45–55. https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.02.013
Hasani, M., & Moghadam, C. (2012). The effect of self-assessment on Iranian EFL learners' writing skills. The Iranian EFL Journal, 32(6), 371-388. http://dx.doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.2n.4p.7
Ketabi, S., & Ketabi, S. (2014). Classroom and Formative Assessment in Second/Foreign Language Teaching and Learning. Theory and Practice in Language Studies, 4(2), 435–440. https://doi.org/10.4304/tpls.4.2.435-440
Li, F. Y. (1998). Implementing student self-assessment in a secondary four writing class of a local secondary school. (Master’s thesis, The University of Hongkong, Hongkong).
Lin-Siegler, X., Shaenfield, D., & Elder, A. D. (2015). Contrasting case instruction can improve self-assessment of writing. Educational Technology Research and Development, 63(4), 517–537. https://doi.org/10.1007/s11423-015-9390-9
McMillan, J., & Hearn, J. (2008). Student selfassessment: The key to stronger student motivation and higher achievement. Educational Horizons, 87(1), 40-49.
Miller (2003). Writing in a culture of simulation: Ethos Online, 58–83. In Towards a Rhetoric of Everyday Life: New Directions in Research on Writing, Text, and Discourse.
Naeni, J. (2011). Self-assessment and the impact on language skills. Educational Research, 2(6), 1225-1231.
O’Malley, J.M., & Pierce, L. Valdez (1996). Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. New York: Addison Wesley Publishing Company.
Oscarson, Mats. 1990. Approaches to Self-Assessment in Foreign Language Learning. Oxford: Pergamon Press.
Panadero, E., Alonso-Tapia, J., and Huertas, J. A. (2014). Rubrics vs. self-assessment scripts: effects on first year university students’ self-regulation and performance. J. Study Educ. Dev. 3, 149–183. https://10.1080/02103702.2014.881655
Sahragard, R., & Mallahi, O. (2014). Relationship between Iranian EFL Learners Language Learning Styles , Writing Proficiency and Self-assessment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1611–1620. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.585
Segers, M., Dochy, F., & Cascallar, E. (Eds.). (2003). Optimising new modes of assessment: In search of qualities and standards. Boston: Kluwer Academic Publishers.
Zheng, H., Huang, J., & Chen, Y. (2012). Effects of self-assessment training on Chinese students' performance on college English Writing tests. Polyglossia, 23, 32-42.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a self-regulated learner: An overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_2