OTONOMI PENDIDIKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SUMBERDAYA SEKOLAH
Keywords:
Outonomy, Education, ResourceAbstract
Rendahnya kualitas sumber daya pendidikan telah menyebabkan pergeseran sistem pendidikan nasional. Sistem pendidikan yang awalnya sentralistik dimana menempatkan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sangat bergantung kepada keputusan birorasi pemerintah pusat yang kadang hasil putusannya tidak sesuai dengan sumber daya sekolah tersebut yang pada akhirnya menyebabkan sekolah tidak memiliki inisiatif dan kreativitas sekolah menjadi kehilangan kemandirian, berganti menjadi sistem pendidikan yang disentralistik, otonomi pendidikan memberikan kewenangan kepada sekolah untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia, untuk memberdayakan sekolah sebagai ujung tombak otonomi pendidikan dengan demikian akan meningkatkan sumber daya sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah.. Hasil penelitian terkait upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah adalah sumber daya bukan manusia otonomi pendidikan memberikan kebebasan pada sekolah untuk mengembangkan, memperdalam, memperkaya kurikulum muatan lokal, karena menyadari bahwa antara satu daerah dengan daerah lain memiliki kemampuan sumber daya yang berbeda. Selain itu untuk peningkatan sumber daya manusia maka diperlukan kegiatan pelatihan dan pembinaan dalam menunjang peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, khususnya pelatihan dan pembinaan terkait proses pembelajaran, selanjutnya sumber daya fisik, dalam penyusunan perencanaan akan lebih baik jika dilakukan melalui rapat yang melibatkan seluruh warga sekolah dengan demikian akan terbentunya kerja sama yang baik membantu sekolah dalam menangani permasalah sekolah.
References
Aini, M. (2022). Disentralisasi Pendidikan Madrasah Melalui Otonomi Daerah Di Indonesia.. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. Volume 12 Nomor 1. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam
Cahyana, A. (2010). Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Otonomi Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 16, Nomor 2
Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Haba, R. (2020). Reformasi Pendidikan dalam Perspektif Pemerintah Daerah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Dan Hukum. Volume 7, Nomor. 1
Ismail, Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra. Volume 2, Nomor 2.
Irjus Indrawan,I. (2018). Optimalisasi Politik Pendidikan Nasional Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal for Religious Innovation Studies . Volume 1 Nomor 1
Kurniawan, R. Riswan. Hilman, C. (2022). Dinamika Pengelolaan Pendidikan dalam Sistem Desentralistik. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Volume 2, Nomor 2. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Lestari, I. Anggaraini, I. Maisyaroh. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pendidikan Saat Ini. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 1 Nomor 3. DOI: 10.47709/educendikia.v1i3.1239
Michael, A. (2021). Analisis Pengaruh Otonomi Pendidikan Terhadap Kualitas Belajar Manasiswa. Jurnal Kewarganegaraan. Volume 5, Nomor 2. P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328
Meilani. Lubis & Darwin. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2840
Mubin, F. (2022). Telaah Kualitatif Atas Peran dan Tanggung Jawab Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Otonomi Daerah. Jurnal Andragogi. Volume 4 Nomor 1. doi.org/10.36671/andragogi.vli3.66
Mugiarto. Wasliman & Handayani. (2022). Implikasi Kebijakan Otonomi Daerah terhadap Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi. Volume 04, Nomor 01
Mukhlis & Siahaan, A. (2022). Otonomi Daerah Dan Pembiayaan Pengaruhnya Pada Kinerja Pendidikan. Journal Educational Research and Social Studies
Volume 3, Nomor 1. http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
Ramdhan. (2019). Model Pengembangan Kurikulum Multikultural. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman. Volume 5 Nomor 2
Rosyid, A. Ali, N. (2022). Latar Belakang dan Visi Otonomi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Andragogi. Volume 4 Nomor 3. https//.doi.org/10.36671/andragogi.vli3.66
Rosyada, D. (2017). Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Kencana
Sholihah & Firdaus. (2019). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Al Himah. Volume 7
Sampaleng, D. (2023). Analisis Manfaat Perencanaan Pendidikan dalam Otonomi Daerah pada Pendidik dan Tenaga Pendidik. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan. Volume 17, Nomor 2. DOI : 10.35931/aq.v17i2.1953. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam
Sumpena. Nurhamidah, S. Hilman, C. (2022). Kebijakan Desentralisasi Pendidikan dan Implementasinya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP). Volume 2, Nomor 2. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Umiarso & Ghozali, I. (2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan.
Jogjakarta: IRCiSoD
Yanti, D. (2022). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Melalui Manajemen Berbasis Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman. Volume 8, Nomor 1
Yuliyani, N. (2020). Otonomi Pendidikan dan Kurikulum Berbasis Kompetensi Sebagai Jawaban Atas Realitas Kekinian. BUNAYYA Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Volume 1. Nomor 1