MENINGKATKAN AKSES DAN JANGKAUAN UMKM DESA MELALUI MODEL PENDIDIKAN LITERASI DIGITAL
Keywords:
UMKM, SDGs Desa, Literasi digitalAbstract
Dalam SGDs Desa terdapat 18 tujuan yang hendak dicapai, salah satu poin SGDs Desa yaitu poin empat dimana poin tersebut berfokus pada pendidikan desa berkualitas. Dalam hal ini untuk implementasi poin tersebut perlu dilakukan penerapan literasi digital di masyarakat yang didukug dengan enam pilar utama dalam pembanguan desa cerdas yaitu masyarakat ekonomi, tata kelola pemerintahan, lingkungan, kehidupan, dan mobilitas. Literasi digital perlu dikembangkan untuk mencapai masyarakat cerdas, berwawasan luas, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pendidikan literasi digital mampu meningkatkan akses dan jangkauan UMKM desa. Penelitian ini meggunakan pendekatan Systmatic Literature Review (SLR) melalui penelurusan di google scholar dengan periode publikasi jurnal dari tahun 2019 hingga Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital penting untuk diterapkan dalam masyarakat guna mencapai pendidikan desa yang berkualitas agar mampu meningkatkan akses dan jangkauan UMKM dengan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi sehingga nantinya menciptakan desa mandiri dan berdaya saing. Program kegiatan yang dilakukan adalah dengan diadakannya pelatihan langsung, pendekatan kolaboratif dengan melibatkan lembaga pemerintahan, dan pemberdayaan UMKM desa untuk berpartisipasi dengan perkembangan teknologi dan persaingan global.
References
Artisa, R. (2023). STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGs) DESA. STUDI KASUS : DESA CIBURIAL, KECAMATAN CIMENYAN, KABUPATEN BANDUNG, JAWA BARAT. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan , 11 (01), 61. https://doi.org/https://doi.org/10.35450/jip.v11i01.349
Bungai, J., Perdana, I., & Affandi, M. (2020). Implementasi literasi digital melalui pengembangan website desa sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Jurnal Akrab, 11(1), 54-63.
Djafar, A., & Rahmat, A. (2023). Model Pembelajaran Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Menuju Era Society 5.0. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 527-532. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.527-532.2023
Gunawan, A., Ucok Darmanto Soer, & Tri Wahyu Wirjawan. (2023). PENGUATAN EKONOMI DIGITAL MELLUI PELATIHAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP BAGI UMKM DI DESA SUKARAGAM . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat , 1 (03), 548–555. Diambil dari https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/96
Ginting, R. V. B., Arindani, D., Lubis, C. M. W., & Shella, A. P. (2021). Literasi digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Pasopati,3(2).https://doi.org/10.14710/pasopati.2021.10869
Iswanto, D. (2021). Peran Pemerintah Daerah Dalam Membangun Literasi Digital Aparatur Pemerintah Desa dalam Membangun Smart Village Governance (Studi di Desa Mentoro Kecamatan Soko Kabupaten Tuban). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 101- 108.
Kurnianingtyas, C. D. (2022). Pemberdayaan UMKM Desa Singosaren Melalui Program Literasi Digital. Jurnal Atma Inovasia, 2(5), 557-561. https://doi.org/10.24002/jai.v2i5.5249
Naufal, H. A. . (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A. M., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023). LITERASI DIGITAL PADA MASYARAKAT DESA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 43-49. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.655
S, N., Abubakar, H. ., Galib, M. ., Basri, M. ., & Supriadi, T. . (2023). STRATEGI KEMANDIRIAN USAHA MIKRO PEDESAAN MELLUI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA LOKAL. Jurnal Pengembangan Masyarakat : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4 (4), 6920– 6926. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18526















