PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 9.5 SMPN 1 SUMENEP

Authors

  • Siswanty Rahayu SMPN 1 Sumenep

Keywords:

Diskusi,, Penemuan,, Hasil Belajar,, Matematika

Abstract

Seorang guru harus mampu memberikan motivasi terhadap siswa melalui pengelolaan kelas  yang menarik dan melibatkan siswa dalam menemukan konsep. Guru juga harus mampu mengupayakan langkah-langkah yang dapat dilaksanakan baik oleh siswa maupun guru untuk mendukung proses pembelajaran. Bentuk dari tindakan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa ini diwujudkan dengan memilih metode diskusi dan penemuan. Jenis peneliatian ini adalah penelitian tindakan kelas yang lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya realistik dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Penelitian dilaksanakan  di SMPN I  Pasrepan, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, dari kota kecamatan berjarak kurang lebih 4 km. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas 9.5 SMPN 1 Sumenep, sebanyak 32 siswa. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan 1 orang rekan guru sebagai pengamat terhadap aktivitas dan kegiatan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran  matematika melalui metode inovasi dari siklus I sampai dengan siklus III mengalami peningkatan secara bertahap, Respon siswa melalui pelaksanaan metode variasi dalam pembelajaran  matematika terbukti positif, dan Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran  matematika melalui metode inovasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada siklus I dengan rata-rata kelas 5,875 meningkat pada siklus II menjadi 6,9.

References

Depdikbud. 1993. GBBP SD 1994. Jakarta : Depdikbud.

Eman Suherman dan Udin S. Winatapura. 1993. Materi Pokok Strategi Mengajar. Jakarta : Depdikbud.

Holstein. 1986. Murid Belajar Mandiri. Bandung : Remadja Karya.

IG.A.K. Wardani, Kuswaya W, Noehi Nasoetion. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sudiyono, Triyo Supriyatno, Padil. 2000. Strategi Pembelajaran Partisipatori di Perguruan Tinggi. Malang : UIN Malang.

Syaodih, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda.

Sunardi. 2006. Mengakrabkan MATEMATIKA Pada Anak. Yogyakarta : Kedaulatan rakyat.

Wagiman, Setiyandoko, dkk. 2005. Belajar dan Bermain MATEMATIKA untuk SD/MI Kelas 5. Malang : Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Siswanty Rahayu. (2023). PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 9.5 SMPN 1 SUMENEP . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 234–246. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/29

Issue

Section

ARTICLES